Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Trik Aman Bercinta Meski Alami Gangguan Irama Jantung

Ada trik aman bercinta untuk pasangan yang menderita gangguan irama jantung.

Liputan6.com, Jakarta Bercinta dapat membuat jantung berpacu lebih kencang. Irama jantung pun lebih cepat karena efek rangsangan, baik foreplay sampai klimaks. Anda yang punya gangguan irama jantung (aritmia) berupa irama jantung berdetak terlalu cepat mungkin cemas.

Irama jantung yang terlalu cepat. Misal, lebih dari 100 kali per menit berpotensi cukup membahayakan nyawa. Irama jantung normal antara 60-100 kali per menit.

Lantas bagaimana trik tepat agar pasangan tetap aman bercinta meski dirinya mengalami gangguan?

"Sebenarnya, aktivitas seksual yang dilakukan ya tetap aman selama ditangani dengan baik. Gangguan irama jantung dirasakan terlalu mengganggu dan tidak membuat nyaman bisa diatasi. Pasien bisa memasang alat Implantable Cardioverter Defibrilator (ICD)," jelas dr Dicky Armein Hanafy, Sp.JP(K), dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita.

ICD berupa alat yang ditanamkan di bawah lapisan kulit di dada. Alat ini mampu mengembalikan irama jantung ke denyut normal dalam waktu 10 detik.

Aktivitas yang justru harus dihindari untuk orang dengan gangguan irama jantung berupa aktivitas berat, seperti main sepakbola atau bulutangkis. Intinya, menghindari aktivitas yang bersifat kompetitif, lanjut dr Dicky saat ditemui dalam acara "Mengatasi Aritmia, Mencegah Kematian Mendadak" pada Jumat (11/8/2017) di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.