Sukses

Cukup 10 Detik, ICD Kembalikan Irama Jantung ke Denyut Normal

Liputan6.com, Jakarta Sebuah alat canggih bernama Implantable Cardioverter Defibrilator (ICD) mampu mengembalikan irama jantung ke denyut normal. Alat berupa perangkat elektronik ini ditanamkan di bawah lapisan kulit di dada.

Bagi orang yang mengalami gangguan irama jantung (aritmia)--kondisi irama jantung abnormal, yang terlalu lambat atau terlalu cepat--ICD bisa menjadi solusi jitu yang patut dicoba.

"Efek ICD langsung terasa hanya dalam waktu 10 detik. Irama jantung bisa kembali ke irama normal (irama jantung dewasa normal antara 60-100 kali per menit). Jadi, pasien pun gagal mati mendadak," jelas dr Yoga Kuniadi, SpJP(K), dokter spesialis aritmia RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta dalam acara "Mengatasi Aritmia, Mencegah Kematian Mendadak" pada Jumat (11/8/2017).

Efektivitas penggunaan ICD  mencapai keberhasilan 100 persen. Alat yang canggih ini pun bisa menyelamatkan orang yang punya gangguan irama jantung terlalu cepat, yaitu lebih dari 250 kali per menit.

"Pemasangan ICD sebagai tindakan pertama yang baik. Ini bisa mengembalikan pasien ke kehidupan normal," lanjut dr Yoga saat ditemui di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta.

 

Simak video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Trik Cerdas Tidur Lebih Cepat Ketika Stres
Artikel Selanjutnya
Kecepatan Berjalan Kaki Bisa Prediksi Risiko Kematian Anda