Sukses

Olahraga 10 Menit yang Bikin Sehat

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang tidak punya waktu tak banyak, tapi ingin bugar, lakukan olahraga jenis high-intensity interval training (HIIT). Berbeda dengan olahraga biasa, HIIT merupakan latihan kardio intensitas tinggi dengan kombinasi gerakan dalam durasi singkat.

Belum terbayang bagaimana olahraga HIIT itu? Contoh HIIT begini, 30 detik melakukan sprinting, lalu diikuti 1-2 menit jogging lambat. Ulangi hal ini selama 10 menit.

Walau sederhana, HIIT terbukti memiliki efek luar biasa bagi tubuh. Aneka studi membuktikan rutin melakukan olahraga ini memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran.

"Kami memiliki data lebih dari 10 tahun yang mengungkapkan HIIT memiliki efek kesehatan dan kebugaran sama seperti latihan aerobik berdurasi panjang, seperti lari, sepeda, renang," kata profesor kenesiologi dari California State University, San Marcos, yang telah melakukan belasan studi akan HIIT.

Berdasarkan studi yang dilakukan Marcos, HIIT pas bagi yang ingin bugar, menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, menurunkan berat badan, dan mengendalikan gula darah.

Lalu, bagaimana HIIT bisa bermanfaat sebegitu baik dalam waktu singkat?

Menurut peneliti HIIT dan kepala kelompok penelitian latihan jantung di Norwegian School of Science and Technology, Ulrik Wisloff, pada saat tubuh melakukan latihan intensif, jantung tidak bisa memompa darah yang cukup untuk "memuaskan" seluruh otot. Kondisi itu membuat asupan oksigen ke otot kurang, hal inilah yang menyebabkan serangkaian respons molekuler di sebagian besar organ tubuh yang menghasilkan respons latihan lebih besar daripada olahraga santai.

Semua orang bisa melakukan olahraga HIIT. Namun, harus disesuaikan dengan level kebugaran seseorang.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
Clean Sleeping, Cara Tidur yang Bikin Tubuh Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
Bukan Sit Up untuk Atasi Perut Buncit, tapi 2 Olahraga Ini