Sukses

Waspada Kanker bila Sariawan Tak Sembuh dalam 2 Minggu

Anda perlu waspada bila sariawan tak kunjung sembuh setelah dua minggu.

Liputan6.com, Jakarta Sariawan menjadi masalah kesehatan mulut yang umum menimpa individu yang kekurangan nutrisi atau vitamin tertentu. Biasanya, sariawan akan sembuh dalam waktu kurang dari seminggu.

Namun, Anda perlu waspada bila sariawan tak kunjung sembuh setelah dua minggu. Bisa jadi hal itu pertanda adanya kanker di rongga mulut atau lidah.

"Sariawan tak sembuh-sembuh, diperiksa tak ada masalah di gigi, harus cek. Kita bisa mengira sariawan, ternyata bukan, bisa jadi kanker rongga mulut atau lidah," ujar spesialis THT, dr Marlinda Adham, Sp.THT-KL (K) dalam seminar kanker kepala leher di Jakarta, mengutip laman AntaraNews, Jumat (11/8/2017).

Tanda lain kanker yang perlu diwaspadai yakni munculnya rasa nyeri yang menjalar ke telinga, darah di bagian rongga mulut, telinga bergaung, hingga berat badan turun.

Meski begitu, Linda menegaskan, tak ada satu pun tanda pasti dari kanker, sehingga tetap perlu pemeriksaan fisik oleh dokter untuk mengetahui seseorang memiliki kanker atau tidak.

Linda mengatakan, selain memperhatikan gejala klinis, perlu dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter. "Kalau dicurigai ada sesuatu, bisa dilakukan biopsi di daerah tumor primer, lalu imaging CT scan, MRI untuk melihat perluasan tumor." 

 

Saksikan juga video berikut ini:  

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.