Sukses

5 Cara agar Otak Tajam dan Mudah Konsentrasi

Banyaknya pikiran membuat kita sulit untuk fokus terhadap kerjaan yang kita lakukan.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda suka menunda pekerjaan? Banyaknya pikiran membuat kita sulit untuk fokus terhadap kerjaan yang kita lakukan. Menunda pekerjaan dan gagal konsentrasi merupakan tanda bahwa konsentrasi Anda terpecah belah atau kurang fokus.

Menunda pekerjaan bukanlah hal yang baik karena akan semakin memperlambat selesainya sebuah pekerjaan, sehingga kita akan merasa semakin malas untuk menyelesaikannya.

Ada beberapa hal yang dapat membuat kita tetap fokus, seperti yang dikutip dari akun Ayo Mikir dari vidio.com, Jumat, (11/8/17).

1. Berhenti melakukan banyak hal sekaligus
Jika kita ingin tetap fokus pada apa yang kita kerjakan, maka sebaiknya kita melepaskan semua gangguan yang kita miliki, jika tidak konsentrasi kita akan terus-menerus terpecah.

2. Olahraga
Para ilmuwan mulai menemukan olahraga teratur merupakan hal penting bagi kesehatan otak yang berguna dalam waktu jangka panjang. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari karena akan bertambah baik bagi kesehatan mental kita

3. Istirahat
Ketika kita beristirahat dan bermimpi beberapa ingatan akan muncul dan sebagian hilang, sedangkan sisanya akan tergabung dan disimpan. Bila kita tidak tidur maka kita akan sulit mengingat, hal ini dinyatakan dalam sebuah studi baru yang menemukan bahwa protein membangun sinopsis pada susunan syaraf yang membuat kita sulit berpikir dan mengingat hal baru.

4. Meditasi
Bermeditasi selalu membantu dalam memfokuskan pikiran kita, berlatihlah untuk mengatur napas dengan menarik napas kemudian hembuskan secara perlahan-lahan. Cukup lakukan selama 20 menit saja pada pagi hari saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

5. Hindari perut kosong
Lapar merupakan salah satu alasan mengapa kita sulit konsentrasi. Jangan mengabaikan perut kita yang sedang kelaparan. Kembalilah bekerja setelah perut terisi atau ditemani dengan makanan ringan sehingga kita dapat kembali berkonsentrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.