Sukses

Redakan Batuk dengan Larutan Bawang

Liputan6.com, Jakarta Saat daya tahan tubuh melemah, beberapa penyakit bisa datang, salah satunya batuk. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan antitusive untuk menghilangkan gatal dan ekspektoran untuk mengeluarkan dahak.

Namun, kebanyakan obat batuk memiliki efek mengantuk yang seringkali mengganggu aktivitas. Sebagai alternatif, Anda dapat mengobati batuk dengan ramuan bawang.

Mengutip laman Step to Health, Jumat (11/8/2017), bawang merah dan bawang putih memiliki khasiat ekspektoran, antibiotik dan anti-inflamasi yang mendukung pengusiran dahak dan membantu meredakan batuk.

Selain itu, senyawa sulfur dalam bawang merah merupakan antibiotik dan anti-inflamasi yang kuat. Hal ini menjadikan bawang merah ideal untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Bawang merah juga merupakan sumber vitamin, mineral dan antioksidan. Setelah diserap tubuh, komponen ini memperkuat sistem kekebalan tubuh dan proses yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. 

Sementara itu, bawang putih juga memiliki efek antibiotik dan ekspektoran. Ini berfungsi untuk menghilangkan kuman yang menyebabkan batuk. Bawang putih juga mendorong pembersihan saluran pernafasan dan mengurangi peradangan. Selain mudah didapat, ramuan bawang tidak memiliki efek samping.

Untuk membuat ramuan tersebut, siapkan air sebanyak 500 ml, dua siung bawang merah ukuran sedang dan dua siung bawang putih.

Cara membuatnya, didihkan air dengan api sedang. Saat air mendidih, tambahkan bawang merah cincang dan irisan bawang. Matikan api dan biarkan selama dua atau tiga menit. Lalu, saring dan minum setengah gelas untuk mengobati batuk. Ramuan ini bisa diminum tiga kali sehari. 

 

Saksikan video menarik berikut:

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Tangkis Gejala Flu dengan 4 Makanan Ini
Artikel Selanjutnya
4 Makanan yang Cegah Refluks Asam Lambung