Sukses

3 Vitamin Ini Bantu Cegah Munculnya Uban

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, warna rambut akan menjadi putih atau yang biasa disebut uban. Hal ini disebabkan oleh hilangnya melanin dalam rambut.

Beberapa kasus munculnya uban tidak hanya pada orangtua, terkadang anak muda pun sudah melihat tumbuhnya uban pada rambut.

Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa vitamin yang mampu mencegah tumbuhnya uban, mengutip laman Step to Health, Jumat (11/8/2017).

1. Vitamin B5

Vitamin B5 yang sering disebut asam patotenat sangat diperlukan untuk pembentukan antibodi yang memperbaiki pertahanan tubuh, membantu menyembuhkan luka dan mencegah munculnya rambut uban.

Beberapa makanan mengandung vitamin b5, diantaranya hati, kuning telur, brokoli dan avokad.

2. Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin, berguna untuk melancarkan metabolisme lemak, meningkatkan fungsi sistem saraf dan menghindari munculnya rambut uban lebih awal.

Mengkonsumsi cukup vitamin B1 mencegah komplikasi serius akibat diabetes tipe 2. Selain itu juga membantu mencegah masalah kardiovaskular, masalah mata, dan kondisi ginjal.

Vitamin b1 terdapat dalam jagung, asparagus, kacang-kacangan dan biji bunga matahari.

3. Vitamin B12

Selain berfungsi untuk melancarkan metabolisme, vitamin b12 juga mampu mencegah pertumbuhan uban dan mempertahankan warna alami rambut.

Vitamin b12 terdapat dalam daging sapi, ikan, ayam, wortel dan brokoli.

Selain tiga vitamin diatas, menurut laman Step to health, berbagai jenis teh juga bisa membantu mempertanankan warna alami rambut. 

 

 

Saksikan video menarik berikut:  

Artikel Selanjutnya
Makan Salmon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Artikel Selanjutnya
Waspadai Uban yang Muncul Sebelum Usia 30