Sukses

Ello Tersandung Narkoba, Seperti Apa Ciri Fisik Pengguna Ganja?

Efek penggunaan ganja bisa terlihat dalam jangka pendek, mulai dari panik hingga mata merah.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Ello ditangkap kepolisian diduga terkait indikasi kepemilikan ganja. Penangkapan Ello dilakukan oleh Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan.

Terlepas dari kasus Ello, ganja masuk dalam jenis narkoba yang banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan wawancara dengan pihak Badan Narkotika Nasional di 2015, ganja masuk dalam daftar tiga jenis narkoba yang paling banyak digunakan selain sabu dan ekstasi. (Baca: Tiga Jenis Narkoba Ini Paling Banyak Digunakan)

Ganja berasal dari tanaman kanabis. Tanaman ini menyimpan zat aktif tetrahidrokanabinol (THC) dan 65 zat kimia lain. THC menciptakan efek eforia alias kesenangan tanpa sebab dalam waktu relatif lama.

Penggunaan ganja dalam waktu lama dengan dosis terus meningkat membuat sulit berpikir serta daya ingat rendah. Studi mengungkap, penggunaan ganja jangka panjang berkolerasi risiko lebih besar terkena psikosis dan skizofrenia seperti mengutip laman narconon.org

Efek penggunaan ganja bisa terlihat dalam jangka pendek. Foundation for the Drug-Free World mengungkapkan begini efek jangka pendek yang meninggalkan ciri fisik pada orang yang menggunakan ganja mengutip laman americanaddictioncenters.org, pada Kamis (10/8/2017).

1. Panik

2. Cemas

3. Koordinasi anggota badan dan otot melemah

4. Reaksi melambat

5. Lebih aktif

6. Detak jantung meningkat

7. Mata merah

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.