Sukses

Kecilkan Pori-Pori Wajah dengan Gula Merah

Beberapa bahan rumahan seperti gula merah, bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Liputan6.com, Jakarta Kulit merupakan organ terbesar di tubuh. Ini karena kulit harus melakukan fungsi yang berbeda, dan juga bertindak sebagai sistem ekskretoris, menghilangkan keringat dan minyak berlebih dari tubuh kita agar tetap dingin, melalui pori-pori.

Pori-pori pada kulit kita biasanya tidak terlihat. Terkadang karena berbagai alasan, pori-pori di wajah kita menjadi membesar dan terlihat. Hal ini terjadi karena berbagai alasan seperti stres, faktor genetik dan paparan sinar matahari.

Seiring bertambahnya usia, kulit kita akan kehilangan elastisitas yang juga berkontribusi pada membesarnya pori-pori.

Pori-pori yang terbuka akan mengganggu penampilan dan membuat penampilan terlihat lebih tua. Meski tidak bisa hilang, ada banyak perawatan yang tersedia di pasaran untuk mengecilkan pori-pori.

Namun, tidak ada salahnya mencoba perawatan sederhana ini di rumah, seperti yang dilansir dari laman Boldsky, Kamis (10/8/17), untuk kecilkan pori-pori.

1. Gula Merah

Kulit yang mengelupas akan mengurangi pori-pori yang membesar. Scrub gula ini akan menyingkirkan kulit mati dan mengecilkan pori-pori.

Campur gula merah dan minyak zaitun ke dalam mangkuk, lalu gunakan gula ini pada wajah dan pijat dalam gerakan melingkar selama 5 menit. Cuci bersih dengan air dingin.

2. Baking Soda

Baking soda sangat efektif menghilangkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat dan mengangkat sel kulit mati.

Untuk mendapatkan hasilnya, buat pasta menggunakan baking soda dan air dalam mangkuk, lalu oleskan ke wajah dan biarkan selama 15-20 menit, kemudian cuci bersih dengan air dingin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tomat

Tomat memiliki sifat astringent yang bisa membersihkan kotoran pada pori-pori dan mengecilkannya. Untuk membuat masker tomat, haluskan tomat, lalu gosok tomat di wajah dan pijat dengan lembut, kemudian biarkan selama satu jam.

Cuci bersih dengan air hangat. Untuk bilas terakhir, harus dengan air dingin. Lakukan ini selama 10-15 hari untuk mencapai hasil maksimal.

4. Air Mawar dan Jus Ketimun

Air mawar membantu menyeimbangkan tingkat pH wajah dan memiliki beberapa sifat anti bakteri. Sedangkan ketimun memiliki sifat astringent. Kombinasi ini bekerja dengan baik untuk mengecilkan pori-pori.

Siapkan tiga sendok makan air mawar dan jus mentimun, lalu campur kedua bahan dalam mangkuk. Kemudian oleskan ke wajah dan biarkan kering selama 15 menit. Cuci bersih dengan air dingin. (Michelle Tania)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.