Sukses

Olahraga Berkuda Baik untuk Kesehatan Kardiovaskular

Liputan6.com, Jakarta Berkuda merupakan olahraga modern yang cukup populer saat ini. Sebagian orang tertantang untuk menunggang kuda. Olahraga ini tidak hanya dilakukan untuk bersenang-senang saja, namun juga memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti memperkuat otot.

"Menunggang kuda dapat menstabilkan otot perut, punggung, dan pelvis," jelas Alison Stout, DO, dari EvergreenHealth Sport & Spine Care. "Ini bukan hanya tentang kekuatan inti, tapi juga koordinasi dan stabilitasnya. Semakin Anda sering berkuda, semakin banyak tubuh belajar bergerak dengan kuda," tambahnya.

Olahraga modern ini dapat menjadi pilihan Anda untuk melatih berbagai bagian tubuh, inilah manfaat menunggang kuda, seperti yang dilansir dari laman Healthiest Best, Jumat (10/8/17).

1. Kekuatan inti

"Menunggang kuda adalah latihan isometrik, yang berarti menggunakan otot tertentu untuk bertahan dalam posisi tertentu, dalam hal ini, menjaga keseimbangan pada kuda," Dr. Stout menjelaskan. Akibatnya, kekuatan postural menjadi sangat penting dalam menunggang kuda.

2. Meningkatkan fleksibilitas

Seiring dengan otot inti, paha bagian dalam dan otot panggul mendapatkan latihan terbesar saat pengendara memposisikan dirinya sendiri. Latihan ini membantu fleksibilitas keseluruhan otot dengan baik. Dr. Stout mengatakan penguatan otot bisa sama efektifnya dengan latihan beban karena lengan dan bahu bekerja.

3.  Melatih kardiovaskular

Bergantung pada kecepatan dan ketangkasan kuda, menunggang kuda bisa membutuhkan lebih banyak usaha, energi, dan kapasitas kardiovaskular.

4. Melatih mental

"Menunggang kuda memiliki banyak manfaat bagi mental. Ada kepercayaan diri yang datang dari belajar bagaimana menangani dan berinteraksi dengan hewan besar ini. Anda benar-benar belajar tentang diri Anda saat Anda mengalami waktu dengan seekor kuda," kata Dr. Stout.

Selain itu, Stout menemukan, menunggang kuda menjadi pengalaman yang sangat santai dan menenangkan.

"Menunggang kuda adalah latihan yang bagus. Manfaat sebenarnya yang saya dapatkan sekarang ada hubungannya dengan kuda dan ketenangan pikiran yang datang dari setiap sesi berkuda," tambahnya. 

Penulis: Michelle Tania

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Atlet Timnas PSSI Kini Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan
Artikel Selanjutnya
Melakukan Kegiatan Seni di Usia Tua Bisa Cegah Pikun