Sukses

Setan Air Pemangsa Anak Manja dan 4 Mitos Monster Laut Lainnya

Liputan6.com, Jakarta Di berbagai belahan dunia, ada banyak mitos yang beredar tentang sosok monster laut penghuni lautan luas. Monster laut diceritakan dalam banyak versi, mulai dari berukuran amat besar, bertaring tajam, ataupun memiliki sorot mata hijau mengerikan.

Berikut sosok monster laut paling mengerikan dari seluruh dunia mengutip laman gwcaia, Rabu (9/8/2017).

1. Kraken, Si Gurita Raksasa

Mitos tentang sosok Kraken kerap diceritakan orang-orang Islandia dan Norwegia. Gurita raksasa ini dikisahkan memiliki ukuran super besar dengan panjang 1,6 km yang mampu menenggelamkan kapal besar.

Mitos Kraken di Norwegia amat terkenal di abad 13. Kehadiran Kraken di tengah laut diceritakan secara rinci dalam sebuah teks Norwegia, Konungs skuggsjá.

Creature of the deep: A Kraken destroys the Edinburgh Trader in Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest

Masih sulit membayangkan Kraken? Sosok Kraken secara apik tampil dalam sebuah adegan film Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest di 2006.

2. Kapa, Setan Air Pemangsa Anak Manja

Dalam mitos Jepang Kuno, diceritakan ada sosok setan bernama Kapa yang biasa tinggal di dalam air, entah sungai atau danau. Sosok mengerikan ini digambarkan memiliki kaki bak katak, punggung laksana buaya, bermata hijau dan paruh bebek. Dia juga memiliki lubang air di bagian atas kepala. Kapa bakal memangsa anak-anak manja atau yang suka membangkang. 

 Sosok Kapa, setan air pemangsa anak manja. Mitos ini amat terkenal di Jepang. (Foto: gwcaia.com)

Saking legendarisnya cerita mitos ini, sampai-sampai membuat masyarakat Jepang mempercayai makhluk ini sungguh ada.

3. Hydra, Naga 9 Kepala Penghuni Dasar Laut

Yunani dan Romawi memiliki mitos sosok monster laut mengerikan bernama Hydra. Diceritakan Hydra adalah naga yang memiliki banyak kepala, bisa sampai tujuh atau sembilan.

Bukan hanya itu, sosok monster laut ini diceritakan memiliki kuku kaki setajam pisau, tubuh berduri dengan ekor panjang. Napas dan kepalanya bisa mengeluarkan racun mematikan.

4. Monster Loch Ness

Monster laut ini kerap menjadi bahan cerita mitos pada masyarakat Skotlandia dan seluruh dunia. Walau banyak orang tidak percaya, sempat pernah beredar sebuah foto yang memperlihatkan seekor monster ukuran besar mengapung di atas lautan.

Penampakan monster Loch Ness yang kerap diceritakan dalam mitos orang-orang Skotlandia. (Foto: gwcaia.com)

 

5. Duyung Pemangsa Manusia

Duyung-duyung masa kini diceritakan sebagai sosok cantik dan baik hati. Namun, sosok makhluk bertubuh ikan dengan kepala manusia dalam mitos banyak negara merupakan monster pembunuh sadis.

Duyung diceritakan kerap menyeret manusia ke laut, lalu menenggelamkan mereka hingga tewas. Dalam mitologi Yunani, cara duyung laut membunuh manusia yang tidak disukainya cukup dengan menyanyikan lagu-lagu yang menggoda sehingga orang ingin mendekat. *

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
Penemuan Spesies Katak Baru, Bentuknya Aneh Bikin Ilmuwan Bingung