Sukses

Alergi Makanan pada Anak Bisa Berakibat Fatal

Liputan6.com, Jakarta Walau banyak orang yang mengalami alergi, sedikit yang tahu kenapa bisa terjadi. Alergi bukan penyakit yang menular. Masalah ini dapat terjadi karena faktor genetika dan lingkungan. Alergi dapat terjadi karena tubuh yang mempunyai genetik sensitif mengalami kontak dengan zat alergen.

Makanan seperti ikan, susu, telur, kacang-kacangan dan gandum meskipun sehat, ternyata juga dapat memicu alergi pada anak-anak. Kita seringkali menganggap bahwa alergi tidak mengancam nyawa, tapi jika diabaikan bisa berdampak fatal.

Ruam, gatal, bengkak, pusing dan bahkan pingsan merupakan gejala dari alergi. Hal ini dapat menyebabkan bronchospasm yang berarti penyempitan pada saluran pernafasan. Jika tidak ditangani dengan segera, akan berujung pada kematian. 

Pada beberapa orang yang menderita diabetes atau asma, alergi makanan menyebabkan lebih banyak masalah. Itulah alasan mengapa lebih baik menjauhkan anak Anda dari pemicu alergi.

Saat ini, tidak ada cara untuk mencegah masalah ini. Cara terbaik adalah menghindari konsumsi makanan yang dapat memicu reaksi alergi.

Alergi biasanya akan hilang setelah anak mencapai usia dewasa. Orangtua tidak perlu terus khawatir. Namun, pastikan untuk selalu memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh anak untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. (Michelle Tania)

Artikel Selanjutnya
7 Kebiasaan Dianggap Baik Ini Dapat Merusak Kesehatan
Artikel Selanjutnya
4 Kondisi Ini Sebabkan Si Kecil Ngences