Sukses

Pertolongan Pertama Atasi Luka Bakar

Liputan6.com, Jakarta  

Tragedi kecelakaan seperti kasus kebakaran bisa menimpa siapa saja. Saat seseorang terkena api dan menimbulkan luka bakar, orang tersebut harus mendapatkan pertolongan secepat mungkin.

Dilansir dari laman Web md, Rabu (9/8/2017), ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama saat mengalami beberapa macam luka bakar.

1. Luka bakar api

Pertama, hentikan pembakaran untuk mencegah luka bertambah parah. Kemudian singkirkan api yang masih menempel di badan dengan selimut atau kain tebal. Jika pakaian terbakar jangan berlari, tapi cobalah bergulung di tanah untuk memadamkan api.

Jika Anda menggunakan perhiasan atau pakaian yang menempel akibat pembakaran, jangan lepaskan pakaian. Hati-hati jika ingin memotong karena kain dapat menempel pada tubuh yang terbakar. Namun, lepaskan seluruh perhiasan karena akan sulit mengeluarkannya nanti jika terjadi pembengkakan.

Mengutip laman Mayoclinic.org, jangan membilas luka bakar dengan air dingin, hal ini dapat menyebabkan hilangnya panas tubuh yang serius (hipotermia) atau penurunan tekanan darah dan penurunan aliran darah.

Jika memungkinkan, tutupi daerah luka bakar dan gunakan perban dingin, lembab atau perban bersih.

2. Luka bakar cairan fluida

Jika Anda terkena luka bakar akibat cairan fluida, pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah basuh dengan air dingin di atas luka bakar selama 10 sampai 20 menit dan jangan menggunakan es.

3. Luka bakar listrik

Selanjutnya, jika tersengat listrik sampai menyebabkan luka bakar , pisahkan diri dari sumber listrik, periksa pernapasan dan detak jantung dan beri bantuan pernapasan atau bantuan medis sesegera mungkin. *

Saksikan juga video berikut.

  • Luka bakar merupakan kondisi yang timbul akibat pajanan panas suhu sedang – tinggi terhadap kulit tubuh.
    Luka Bakar

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video