Sukses

5 Makanan yang Harus Dihindari Pasien Diabetes Tipe II

Liputan6.com, Jakarta Menjaga pola makan sehat merupakan hal penting bagi penderita diabetes. Namun, beberapa makanan dan minuman yang terlihat sehat ternyata bisa membahayakan jika konsumsi oleh penderita diabetes tipe II.

Selain itu, penderita diabetes tipe II harus cermat jika mengonsumsi makanan olahan, seperti jus, smoothie, dan gandum olahan. Makanan yang terlihat sehat seperti snack gandum yang diolah ternyata memiliki kadar gula yang bisa membahayakan pasien diabetes.

Dilansir dari laman Boldsky, Rabu (9/8/2017), berikut ini lima makanan yang harus dihindari pasien diabetes tipe II.

1. Jus buah

Mengonsumsi buah secara utuh lebih baik dibandingkan minum jus buah. Segelas jus buah mengandung 60 gram karbohidrat. Selain itu, semua serat dalam buah terlepas saat proses pembuatan jus. Menurut laman Boldsky, jus buah merupakan salah satu makanan tidak sehat yang menyebabkan diabetes.

2. Yoghurt buah

Yoghurt buah merupakan salah satu makanan teratas yang harus dihindari oleh penderita diabetes tipe 2.

Meskipun dibuat dari susu, yoghurt tetap mengandung karbohidrat. Saat Anda menambahkan puree buah sebagai pemanis, hal itu dapat menghilangkan protein dan kalsium dari yoghurt. Sebagai gantinya, Anda bisa mencari yoghurt Yunani polos bebas lemak.

3. Makanan kemasan rendah lemak

Seringkali, versi makanan rendah lemak dibuat dengan menambahkan gula untuk menggantikan rasa yang hilang saat lemak berkurang. Contohnya adalah selai kacang dan saus salad. Anda perlu menghindari atau mengonsumsinya dalam jumlah kecil. Ini adalah salah satu makanan tidak sehat bagi individu diabetes.

4. Oatmeal dengan tambahan rasa

Saat ini, sudah banyak tersedia oatmeal dengan tambahan rasa buah. Jika Anda memeriksa label dari paket oatmeal, Anda akan mendapati bahwa nilai seratnya hilang akibat tambahan gula dan bahan-bahan lain yang tidak diinginkan. Ini juga salah satu makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

5. Granola

Kebanyakan granola dipermanis dengan gula atau madu dan sekumpulan buah kering di dalamnya. Hal ini dapat menambah kandungan karbohidrat. Granola adalah sumber karbohidrat yang kompleks. Porsi kecil granola itu sendiri bisa mengandung banyak karbohidrat. Ini adalah salah satu makanan yang buruk untuk diabetes. *

Saksikan juga video berikut ini.

Artikel Selanjutnya
Salmon dan 8 Makanan Pereda Nyeri Haid dan Sakit Kepala
Artikel Selanjutnya
Benarkah Aspartame dan Minuman Manis Bikin Anak Diabetes?