Sukses

Khasiat Teh Hijau Bisa Bantu Atasi Gigi Sensitif

Teh hijau diketahui memiliki banyak khasiat kesehatan, diantaranya mengatasi gigi sensitif.

Liputan6.com, Jakarta Teh hijau dipercaya berkhasiat menurunkan berat badan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun, adakah manfaat lainnya dari teh hijau?

Dilansir dari laman Boldsky, Rabu (9/8/2017), menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal ACS Applied Materials and Interfaces, komponen yang terdapat dalam teh hijau dapat membantu mengatasi masalah pada gigi sensitif dan juga mencegah gigi berlubang.

Penyebab gigi sensitif adalah lapisan pelindung gigi menipis dan membuat dentin terpapar. Jadi, saat Anda makan atau minum apa pun yang terlalu panas atau terlalu dingin, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ngilu. Jika Anda membiarkan ini terbuka lama, hal ini dapat menyebabkan pembentukan gigi berlubang.

Pada studi yang dilakukan para peneliti Cui Huang dari Universitas Wuhan di China, tim tersebut telah menggunakan nanohidroksiapatit dan EGCG yang membantu melawan streptococcus mutans, membentuk biofilm yang menyebabkan rongga lubang pada gigi. Bahan-bahan itu kemudian dikombinasikan dengan mineral silika nanopartikel yang diketahui melindungi gigi dari endapan asam pada enamel.

Senyawa teh hijau juga berperan sebagai pengharum napas alami. Sementara itu, para periset juga menemukan bahwa katekin seperti EGCG yang terkandung dalam teh hijau dapat menghentikan adhesi bahan yang mengandung gula, yang dapat menyebabkan pembentukan plak. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini