Sukses

5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal

Ingin ginjal tetap sehat? Tinggalkan kebiasaan buruk berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ginjal merupakan salah satu bagian terpenting dalam tubuh manusia. Ginjal berfungsi untuk membersihkan racun dalam darah dan mengatur keseimbangan garam dan air dalam tubuh.

Ginjal juga bekerja dalam memproduksi sel darah merah, menyeimbangkan tekanan darah dan mencegah infeksi.

Mengingat fungsi ginjal yang sangat vital, penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan menjalani pola hidup sehat.

Dilansir dari laman Step to Health, Selasa (8/8/2017), berikut ini ada beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk menjaga ginjal tetap sehat.

1. Menahan kencing

Menahan kencing terlalu lama dapat berdampak buruk pada organ tubuh, terutama ginjal, kandung kemih, dan saluran urine.

Jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan, hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal.

2. Malas bergerak

Menurut laman Step to Health, malas bergerak dapat berpengaruh terhadap fungsi organ. Menghabiskan waktu hanya dengan duduk di depan komputer tanpa melakukan banyak gerak dapat membuat aliran darah menjadi tidak lancar.

3. Kurang asupan vitamin B6

Vitamin B6 merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga ginjal berfungsi dengan baik. Vitamin B6 dapat ditemukan dalam umbi-umbian, ikan, ayam dan buah-buahan.

4. Kurang minum air putih

Anjuran delapan gelas per hari bukanlah sekadar kampanye, melainkan jumlah asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Air ini akan digunakan untuk mengganti cairan yang hilang melalui keringat, urine dan proses metabolisme lainnya.

Selain itu, rajin minum air putih dapat membersihkan racun dalam darah.

5. Merokok

Rokok mengandung banyak zat berbahaya. Kebanyakan orang berpikir merokok hanya merusak paru-paru. Faktanya, racun dalam rokok dapat menyebar ke organ tubuh lainnya melalui darah.

Saat racun rokok menyebar ke ginjal, tubuh harus bekerja ekstra untuk mengeluarkan racun dalam darah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini