Sukses

Sabun Cuci Tangan dari Biji Pepaya Bisa Cegah Diare

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tidak menyangka, sabun cuci tangan bisa mencegah dari infeksi diare. Ini merupakan terobosan dari kelompok mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) yang ikut program kreativitas mahasiswa (PKM).

Mereka membuat sabun cuci tangan dari biji pepaya. Produk tersebut diberi nama "CARIPA".

Menurut Azizah T W, Ketua PKM bidang Kewirausahaan (PKMK), ide muncul saat timnya melihat potensi kandungan bahan aktif dalam biji pepaya dalam menghambat atau mematikan bakteri escherichia coli, ditulis dari laman Universitas Airlangga, Selasa (8/8/2017).

Bakteri escherichia coli termasuk salah satu bakteri yang paling sering menyebabkan diare. Masyarakat bisa menggunakan sabun cuci tangan CARIPA baik sebelum makan, sesudah melakukan aktivitas di luar, maupun setelah buang air besar. Cara ini diharapkan dapat menekan penyakit diare.

“Saya dan tim memberikan tambahan aroma wangi yang khas pada CARIPA, sehingga harapan kami dapat menjadi daya tarik tersendiri agar masyarakat dapat membiasakan diri dengan mencuci tangan menggunakan CARIPA,” tambah Azizah.

Sejak dilakukan inovasi pada Juli 2017 hingga saat ini, sabun CARIPA sudah dipasarkan pada masyarakat umum walaupun sifatnya masih terbatas. 

Tim Azizah yang membuat sabun cuci tangan dari biji pepaya meliputi Yossy Kartikasari (2014), Fitri W (2014), Ade Puspita (2014), dan Adelia (2015).

Simak video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas