Sukses

Cara Mencegah Alergi Terhadap Make Up

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita tentunya ingin memiliki penampilan yang terbaik, terkadang mereka rela untuk mengeluarkan biaya yang relatif mahal untuk membeli makeup yang dapat menunjang penampilan sehari-hari. Meskipun telah menggunakan kosmetik selama bertahun-tahun tanpa masalah ternyata masih ada kemungkinan alergi.

Tubuh dapat membangun kepekaan terhadap bahan-bahan yang ada pada makeup, sehingga sistem kekebalan tubuh Anda bereaksi berlebihan dan menimbulkan alergi. Make up aman bagi kebanyakan orang, tapi perhatikan peraturan umum ini sebelum menggunakan makeup, seperti yang dilansir dari laman Reader's Digest, Rabu (9/8/17/).

1. Jangan gunakan kosmetik orang lain

Berbagi kosmetik berarti berbagi kuman. Walaupun itu makeup milik sahabat sendiri, lebih baik tetap jangan berbagi. Terutama alat makeup yang bersentuhan langsung dengan kulit, seperti kuas, spon, atau eyeliner.

2. Jangan gunakan riasan mata

Jika Anda memiliki infeksi, seperti konjungtivitis, buang semua produk yang Anda gunakan saat pertama kali menemukan infeksi mata Anda. Kuman penyebab infeksi bisa menempel pada mata, dan bisa memicu infeksi baru saat Anda sudah sembuh.

Lebih baik gunakan makeup mata yang benar-benar baru.

3. Uji kosmetik baru

Jika Anda cenderung memiliki reaksi alergi terhadap kosmetik, mintalah contoh gratis sebelum membeli. Produk berlabel "diuji alergi," "diuji oleh ahli kulit," "tidak mengiritasi," atau "hypoallergenic" mungkin dapat membantu Anda menghindari bahan yang tidak cocok pada kulit.

4. Oleskan maskara dengan hati-hati

Gunakan hanya di dua bagian luar dari bulu mata, jangan mulai dari akar dan jangan pernah menerapkan eyeliner pada margin kelopak mata bagian dalam. Gunakan hanya di atas bulu mata dari tutup atas dan di bawah bulu mata di tutup bawah.

5.. Pemakai lensa kontak harus menghindari eye shadow

 Partikel warna-warni dapat mengelupas, masuk ke mata, dan menempel pada lensa kontak, menyebabkan cukup gesekan untuk menggores kornea.

6. Jangan disesatkan oleh kata "natural"

Jika Anda memiliki alergi terhadap bahan "alami", Anda bisa memiliki reaksi alergi. Misalnya, lanolin, yang diambil dari wol domba, merupakan ramuan dalam banyak pelembab dan penyebab umum dermatitis kontak. * (MichelleTania)

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Pengaruh Sinar Matahari di Kulit Sekarang Bisa Dilihat dari Foto
Artikel Selanjutnya
Trik Makeup untuk Tampilan Lebih Muda