Sukses

Manfaat Pelihara Hewan seperti Anjing Pitbull untuk Anak

Liputan6.com, Jakarta Hewan peliharaan seperti anjing pitbull bukan saja bisa menjadi teman di rumah, tapi juga dapat memberikan manfaat yang luar biasa khususnya untuk anak Anda.

Mary Renck Jalongo, PhD, profesor pendidikan di Indiana University of Pennsylvania dan penulis dari buku berjudul The World of Children and Their Companion Animals, mengatakan memiliki hewan peliharaan bisa membantu anak-anak tumbuh berkembang dengan baik.

Dalam sebuah penelitian juga menemukan, hewan peliharaan seperti anjing pitbull, bisa membuat anak mudah belajar membaca dan jauh dari stres. Melansir laman Parents, Selasa (8/8/2017) berikut manfaat memiliki hewan peliharaan untuk si kecil.

1. Lebih aktif dan percaya diri

Jalongo mengatakan 40 persen anak yang memiliki hewan peliharaan tidak mudah menarik diri dan lebih aktif. Karena ia bisa menceritakan semua hal kepada hewan peliharaannya dengan spontan. "Anak tidak akan enggan menceritakan rahasia apapun kepada hewan peliharaan mereka," kata Jalongo.

2. Bertanggung jawab

Memiliki hewan peliharaan sedari dini akan membuat anak lebih bertanggung jawab. Menurut Gail F. Melson, PhD, professor emeritus bidang studi perkembangan anak di Purdue University, Indiana, dan penulis dari buku berjudul Why the Wild Things Are: Animals in the Lives of Children, mengatakan anak akan terlatih untuk memberikan makan, memandikan dan merawat hewan peliharaan mereka sendiri.

"Dengan itu mereka akan lebih pandai dan bisa bertanggung jawab lebih," kata Melson.

3. Tidak gampang sakit

Sebuah studi oleh Dennis Ownby, MD, dokter anak dan kepala departemen alergi dan imunologi dari Medical College of Georgia, Augusta, menemukan, 474 bayi yang lahir dan memiliki hewan peliharaan sampai usia 7 tahun, cenderung tidak mengalami alergi dan tidak gampang sakit.

Artikel Selanjutnya
Selamatkan Hewan Saat Banjir, Pria Ini Tuai Simpati Warganet
Artikel Selanjutnya
Menggemaskan, Persahabatan Antara Tukang Pos dan Anjing Penjaga