Sukses

Redakan Gejala Batuk dengan Bawang

Liputan6.com, Jakarta Bawang adalah salah satu bumbu yang paling sering digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan. Manfaat bawang tak berhenti sampai situ saja. Bawang juga memiliki kandungan penting, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu mengatasi batuk.

Batuk merupakan gejala yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh mendeteksi virus dan bakteri di saluran pernafasan. Ini adalah mekanisme pertahanan dengan sebuah ledakan pengusiran udara dari paru-paru memungkinkan kita untuk menyingkirkan kuman dan benda asing yang merusak kesehatan.

Bawang yang biasa digunakan untuk mengobati batuk adalah bawang bombai dan bawang putih. Keduanya merupakan obat kuno dengan khasiat antibiotik.

Tingginya konsentrasi agen anti-inflamasi, ekspektoran dan antivirus membuat bawang putih dan bawang bombai efektif untuk membersihkan saluran pernafasan. Bahan dapur ini juga kaya akan zat yang dikenal sebagai allicin. Selain memiliki rasa tertentu, allicin-lah yang memberikan manfaat bawang sebagai obat yang sangat kuat.

1 dari 3 halaman

Bawang putih untuk melawan batuk

Bawang putih membentuk bagian dari ratusan budaya di seluruh dunia selama berabad-abad. Rasa khas dan khasiat nutrisinya membuatnya menjadi bahan yang tidak dapat dilepas dalam makanan jutaan orang.

Sifat antibiotik dan ekspektorannya berkontribusi untuk menghilangkan kuman yang menyebabkan batuk. Selain itu, bawang juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi antibodi yang menghancurkan virus dan bakteri.

Minuman bawang adalah resep yang sangat mudah untuk dibuat dan tentu saja tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Inilah cara membuat bawang bombai dan putih untuk mengatasi batuk, seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Selasa (8/8/17).

2 dari 3 halaman

Bahan:

2 gelas air (500 ml)
1/2 bawang bombai sedang
2 kepala bawang putih mentah

Persiapan:
1. Letakkan dua gelas air dalam panci dan didihkan dengan api sedang.
2. Kemudian, cincang bawang dan iris bawang putih.
3. Saat air mendidih, tambahkan bawang merah cincang dan iris bawang putih mentah.
4. Matikan api dan biarkan masak selama 2 atau 3 menit.
5. Setelah waktu ini, biarkan duduk di suhu kamar sampai siap untuk diminum. Lalu, saring dan minum.

Cara mengonsumsinya:

1. Sajikan setengah cangkir dan minumlah di atas teguk, semaksimal mungkin.
2. Minum itu pada tanda pertama batuk atau kemacetan.
3. Ulangi 3 atau 4 kali sehari, tergantung pada tingkat keparahan gejala Anda
4. Gunakan ini sebagai bagian dari perawatan Anda sampai Anda merasa lega.

Jika Anda merasa batuk Anda semakin mengganggu Anda, cobalah ramuan alami ini sebagai pengganti obat komersial untuk mengatasinya. (Michelle Tania)

Artikel Selanjutnya
Waspadai 5 Kondisi yang Bisa Jadi Petanda Kanker Paru
Artikel Selanjutnya
Gejala Nyeri Dada yang Bisa Mengancam Nyawa