Sukses

Jangan Panik, Lakukan Pertolongan Pertama terhadap Gigitan Anjing

Anda bisa langsung memberikan pertolongan pertama setelah digigit anjing.

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa tragis menimpa Sasa, bocah berusia 8 tahun, yang tewas setelah lehernya digigit anjing jenis pitbull peliharaan orangtuanya, Senin (7/8/2017). Gigitan anjing memang tidak selalu fatal, tapi akan lebih baik jika kita tahu bagaimana memberikan pertolongan pertama pada korban gigitan anjing.

Dilansir dari laman Cesar's Way, Selasa (8/8/2017), ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan akibat gigitan anjing.

Luka tidak dalam

Gigitan anjing yang tidak dalam, luka dapat dibersihkan dengan air mengalir. Usapkan hidrogen peroksida atau isopropil alkohol untuk mengurangi bakteri pada luka.

Oleskan antibiotik topikal untuk mencegah infeksi ringan. Lalu tutupi dengan perban.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Luka dalam

Pertama-tama, jangan takut terhadap luka yang terus mengeluarkan darah. Kecuali Anda telah kehilangan banyak darah atau darah memancar keluar dengan kuat. Jika hal itu terjadi beserta luka pada kepala atau leher, segera panggil polisi atau rumah sakit terdekat.

Anda juga bisa menghentikan perdarahan melalui tekanan langsung. Tekan area yang luka. Tunggu sampai 5 menit, apakah darah berhenti. Jika tidak berhenti, mintalah bantuan darurat.

Jika darah berhenti, bersihkan luka dengan air mengalir dan sabun selama lima menit. Jangan gunakan alkohol, hidrogen peroksida, yodium, atau mercurochrome untuk luka dalam. Ini bisa memperlambat penyembuhan.

Luka dalam biasanya tidak perlu dibalut perban. Tapi jika Anda ingin dibalut perban, pastikan membersihkan luka terlebih dahulu.

Gigitan anjing biasanya tidak meninggalkan puing atau benda lain di luka sehingga tidak perlu adanya pembedahan untuk mengambil benda lain tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.