Sukses

Mau Terhindar dari Stroke? Ini Caranya

Adakah cara yang dapat dilakukan untuk mencegah stroke?

Liputan6.com, Jakarta Stroke merupakan salah satu penyakit yang disebabkan hilangnya sirkulasi darah ke otak. Stroke dapat menjadi semakin parah saat kadar oksigen di otak berkurang.

Menurut WHO, stroke adalah salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum terjadi di dunia, bahkan melebihi penyakit jantung. Stroke juga menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Orang yang paling berisiko terkena stroke adalah orang yang berusia antara 40-60 tahun.

Penyakit ini terbagi ke dalam dua tipe, pertama stroke iskemik. Stroke iskemik disebabkan oleh penyumbatan arteri. Menurut American Heart Association, 87 persen stroke yang menyerang manusia adalah stroke iskemik.

Selanjutnya, hemorrhagic stroke. Tipe ini disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah, entah itu terjadi di otak atau di tempat lain.

Dilansir dari laman Step to Health, Senin (7/8/2017), berikut ini beberapa cara untuk mencegah stroke.

1. Rajin bergerak dan berolahraga

Menjalani kebiasaan sehat dengan rajin berolahraga merupakan salah satu cara mencegah stroke. Caranya, dengan berolahraga setidaknya 30 menit sehari.

2. Menjaga berat badan ideal

Memiliki berat badan ideal merupakan salah satu cara tetap sehat. Cobalah turunkan berat badan jika Anda memiliki berat badan berlebih.

3. Hindari penggunaan obat

Obat-obatan dapat memberikan efek samping dan meningkatkan risiko stroke. Jika Anda harus mengonsumsi obat tertentu, pastikan obat tersebut benar-benar dibutuhkan dan pemakaiannya dipantau oleh dokter.

4. Menjalani diet seimbang

Untuk mencegah stroke, makanlah makanan yang dapat mengurangi risiko stroke, di antaranya buah-buahan, gandum, protein, ikan dan sayuran.

Selain itu, hindari makanan kemasan yang telah mengalami banyak proses dan mengandung lemak dan pengawet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini