Sukses

4 Kiat Sehat ala Orang Jepang

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan seseorang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya melalui gaya hidup sehat. Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda mengenai gaya hidup sehat. Misalnya, ada yang menganggap gaya hidup sehat apabila menjaga pola makan dan cukup istirahat.

Mengenai gaya hidup sehat, Dr Yoshihisa Asano, PhD, DPH, Nutrisionis sekaligus pendiri Noguchi Medical Research Institute, Tokyo, memberikan tips mengenai gaya hidup sehat.

"Jika gaya hidup kita tidak baik, maka kita akan terkena penyakit. Hal inilah yang akan menentukan hidup kita bahagia atau tidak," ucap Dr Yoshihisa Asano, PhD, DPH dalam seminar mengenai asupan gula di The Akmani Hotel, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

"Fokus utama kesehatan di Jepang adalah pencegahan penyakit, yang juga disebut Mibyou control. Pencegahan obesitas merupakan poin utama, caranya dengan mengatur asupan gizi seimbang dan sesuai kebutuhan tubuh," ia melanjutkan.

Menurut Dr Asano, gaya hidup sehat merupakan cara pencegahan penyakit. Dia menjelaskan, ada empat cara yang dapat dilakukan untuk menjaga hidup sehat.

1. Mencegah obesitas

Salah satu cara mencegah obesitas adalah dengan mengatur asupan gula. Selain itu, usahakan untuk menggunakan gula yang aman, misalnya gula kayu.

2. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah yang dipantau dan dikontrol dapat membantu mencegah berbagai penyakit, misalnya hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

3. Mengontrol kadar kolesterol LDL

Salah satu, cara menjaga gaya hidup sehat yaitu dengan mengontrol kadar kolesterol LDL, caranya dengan menghindari makanan yang mengandung tinggi kolesterol.

4. Berolahraga

Gaya hidup seimbang tidak lengkap tanpa adanya olahraga teratur. Olahraga dapat membantu membakar kalori dan menjaga tubuh tetap sehat. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Manfaat Rahasia Pisang dan Alpukat untuk Kulit
Artikel Selanjutnya
Camilan Favorit Wanita Jepang yang Bikin Tubuh Sehat dan Langsing