Sukses

Seberapa Sering Harus Ganti Pembalut dalam Sehari?

Menggunakan pembalut saat menstruasi tidak boleh sembarangan, pastikan Anda tahu kapan harus menggantinya.

Liputan6.com, Jakarta Saat menstruasi, kebanyakan wanita di Indonesia memilih menggunakan pembalut sekali pakai. Pembalut menstruasi ini juga tersedia dalam berbagai tipe, tergantung kondisi dan aliran darah haid.

Namun, sebenarnya, seberapa sering pembalut menstruasi diganti dalam satu hari?

Mengutip The Period Blog, Senin (7/8/2017), Anda sebenarnya bisa menggunakan pembalut selama belum bocor dan masih terasa nyaman. Alasan utama yang mengharuskan mengganti pembalut adalah: pembalut penuh dan bocor, untuk merasa lebih nyaman, dan agar lebih higienis.

Dalam memilih pembalut, penting untuk memperhatikan kondisi aliran darah haid, dan menyesuaikannya dengan pembalut yang tepat. Cek pembalut secara rutin (misalnya setiap dua jam sekali) untuk memastikan pembalut belum perlu diganti atau ada kebocoran atau tidak.

Berikut beberapa tipe pembalut sesuai dengan tipe aliran darah menstruasi:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Pembalut malam hari (overnight pad)

Pembalut malam ukurannya lebih panjang sehingga bisa bertahan sepanjang malam, bahkan walaupun aliran menstruasi sedang deras. Anda harus mengganti pembalut ini di pagi hari. Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan pembalut malam ini di siang hari saat aliran menstruasi sedang deras-derasnya.

2. Aliran deras (heavy flow)

Aliran darah haid biasanya lebih deras di awal menstruasi. Pembalut malam atau pembalut khusus dengan daya serap yang tinggi memberikan proteksi yang lebih lama dan lebih aman dibanding pembalut biasa.

Pembalut jenis ini bisa diganti setiap 3-6 jam, atau bahkan lebih cepat tergantung seberapa deras aliran darah Anda. Walaupun belum penuh, usahakan untuk mengganti pembalut sebelum enam jam.

3 dari 3 halaman

3. Aliran regular (regular flow)

Saat aliran darah biasa saja, Anda bisa menggunakan pembalut yang tebal atau pembalut yang biasa. Pembalut tebal akan memberikan perlindungan lebih yang akan membuat Anda merasa lebih aman.

Pembalut tetap perlu diganti setiap 3-6 jam sekali, atau bisa juga lebih cepat, tergantung seberapa deras aliran darah. Atau jika Anda sudah mulai merasa tidak nyaman, jangan segan untuk segera mengganti pembalut.

4. Aliran ringan atau spotting

Saat aliran darah menstruasi sudah mulai ringan, Anda bisa menggunakan pembalut yang lebih tipis atau pembalut reguler. Ganti pembalut setiap 4-6 jam sekali.

Jika menstruasi Anda sudah hampir selesai dan hanya menyisakan bercak-bercak darah, walau sudah digunakan selama 4 jam, Anda bisa terus memakainya jika masih merasa nyaman. Namun usahakan jangan sampai menggunakan pembalut yang sama lebih dari enam jam.

Ingatlah untuk selalu mengecek pembalut menstruasi Anda secara teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.