Sukses

Pertolongan Pertama pada Orang yang Terbakar

Jika kondisi memungkinkan dan aman untuk memberikan pertolongan, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan saat melihat orang terbakar.

Liputan6.com, Jakarta Kasus kebakaran kerap kali terjadi di Jakarta. Tak jarang kejadian itu bisa memakan korban jiwa. Jika kondisi memungkinkan dan aman untuk memberikan pertolongan pada korban ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama, bila korban kebakaran dalam ruangan, segera bawa ke udara terbuka. Hal ini dilakukan agar dia tidak menghirup udara mengandung asap yang bisa membahayakan saluran pernapasan seperti disampaikan dokter Enrina Diah, SpBP-RE dari Ultimo Clinic.

Lalu, lepaskan semua kontak dengan benda-benda panas yang menyebabkan luka bakar di tubuhnya. "Baju-baju dibuka, kan biasanya baju yang terbakar. Bila ada benda panas lain melekat pada korban dilepas," kata Enrina kepada Health-Liputan6.com pada pada Senin (7/8/2017).

Jika tersedia air bersih dengan suhu normal, bisa disiramkan pada korban kebakaran. Hal ini berfungsi untuk mengurangi paparan panas di tubuhnya.

Segera bawa korban kebakaran ke bawa rumah sakit terdekat. Korban bisa mendapatkan oksigen dan perawatan luka bakar dari tim medis.

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.