Sukses

Manfaat Air Kelapa, Hilangkan Haus dan Bantu Turunkan Berat Badan

Berikut manfaat kesehatan minum air kelapa.

Liputan6.com, Jakarta Minuman berkalori rendah ini memiliki manfaat kesehatan yang melimpah. Air kelapa mengandung antioksidan, asam amino, enzim, vitamin B kompleks, vitamin C dan beberapa mineral lainnya seperti besi, kalsium, potasium, magnesium, mangan, dan seng.

Mikronutrien dalam air kelapa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Air kelapa juga mengandung hormon tanaman yang disebut sitokinin yang kaya akan anti-penuaan, anti-trombotik dan anti-kanker.

Minuman ini dapat dikonsumsi saat perut kosong. Dengan cara ini, air kelapa memberi lebih banyak kekuatan pada sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh terhadap bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Berikut manfaat kesehatan minum air kelapa setiap hari, seperti yang dilansir dari laman Boldsky, Senin (7/8/2017).

1. Menghilangkan rasa haus
Air kelapa dianggap paling baik mengatasi rasa haus. Air kelapa mengandung komposisi elektrolitik yang bisa menghidrasi kembali tubuh. Air kelapa juga membantu dalam kasus dehidrasi dan kehilangan cairan akibat diare, muntah dan keringat berlebih.

2. Menurunkan tingkat tekanan darah
Air kelapa mengandung vitamin C, potasium dan magnesium yang membantu mengendalikan kadar tekanan darah tinggi. Kalium membantu menyeimbangkan efek negatif natrium dan membantu menurunkan kadar tekanan darah. Inilah salah satu manfaat kesehatan dari air kelapa. Namun, Anda yang cenderung bertekanan darah rendah perlu bijak dalam mengonsumsi air kelapa. 

3. Membantu menjaga berat badan
Air kelapa sangat ideal untuk menurunkan berat badan, karena mengandung kalori rendah dan mudah masuk ke perut. Minuman ini mengandung enzim bioaktif yang membantu pencernaan, meningkatkan metabolisme lemak dan membantu menurunkan berat badan.

4. Mengatasi sakit kepala
Sebagian besar sakit kepala dan bahkan migrain sebenarnya dipicu oleh dehidrasi. Air kelapa akan sangat membantu dalam memasok elektrolit ke tubuh dan untuk meningkatkan hidrasi. Karena kaya magnesium, air kelapa membantu menyingkirkan sakit kepala terkait migrain. Inilah salah satu manfaat minum air kelapa setiap hari.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, Anda harus memilih air kelapa segar dan murni.

 

Penulis: Michelle Tania 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.