Sukses

Berenang Bisa Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Berenang termasuk olahraga aktivitas fisik terbaik bagi anak.

Liputan6.com, Jakarta Berenang merupakan olahraga air yang menyenangkan, selain si Kecil dapat bermain air dan mempelajari berbagai gaya renang. Berenang termasuk olahraga aktivitas fisik terbaik bagi anak.

Para ahli mengatakan bahwa anak-anak dapat memulai pelajaran kesiapan akuatik atau teknik aklimasi air dan pra berenang pada usia 15 sampai 18 bulan, diikuti oleh teknik belajar dan pengembangan gerak pada usia empat tahun.

Maana Patel dari Team Speedo adalah salah satu dari anak-anak yang belajar renang pada usia 8 dan pada usia 15, dia menjadi perenang wanita pertama yang mengantongi medali emas di Kejuaraan Grup Asia, Bangkok. Inilah manfaat olahraga renang bagi anak. Seperti yang dilansir dari laman The Health Site, Senin (7/8/2017).

1. Meningkatkan kepercayaan diriMengikuti lomba renang akan membuat keterampilan renang semakin bertambah. Berenang juga dapat membantu anak membangun kepercayaan diri, tetap bugar dan lebih berorientasi pada target.

2. Membangun staminaBagi anak-anak dan remaja yang sering menghabiskan waktu di depan ponsel, tablet atau layar TV, berenang jadi aktivitas utama untuk menyeimbangkan kebiasaan tersebut. Berenang merupakan aktivitas outdoor yang membuat olahraga terasa lebih mudah karena daya apung air.

Berada di air mengurangi berat badan kita hingga hampir 90 persen, dan karenanya terbukti menjadi latihan membangun stamina yang hebat dibandingkan dengan aktivitas lainnya.

3. Latihan kardio yang baikBerenang juga mengaktifkan otot-otot di tubuh. Bagi anak-anak, sesi berenang yang baik juga dapat meningkatkan nafsu makan. Berenang dapat membuat tidur lebih nyenyak, pikiran rileks dan manfaat kesehatan.

4. Menguasai teknik penyelamatan hidupBerenang bukan hanya hobi atau sekadar olahraga, ini adalah keterampilan yang menyelamatkan nyawa. Belajar berenang di usia dini, dan mengetahui teknik berenang yang tepat dapat membuat anak menghadapi situasi tenggelam yang tidak terduga. 

Penulis: Michelle Tania 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.