Sukses

Dokter Boyke: Agar Bayi Kembar Tidak Dempet

Liputan6.com, Jakarta Memiliki seorang anak merupakan dambaan bagi pasangan yang baru memulai kehidupan berumah tangga. Banyak orangtua yang menginginkan anak kembar, tapi untuk mendapatkannya tidaklah mudah.

Untuk mendapatkan anak kembar yang berasal dari satu telur harus memiliki keturunan. Selain itu, proses bayi tabung dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki bayi kembar, meski bukan berasal dari satu telur. Dokter Boyke menjelaskan hal tersebut dalam tayangan video Boykepedia

Hanya saja, bayi kembar yang berasal dari satu telur sering kali terlahir dempet atau sering disebut dengan kembar siam. Kembar ini termasuk kembar identik, di mana tubuh bayi masih terhubung satu sama lain. Hal ini terjadi karena zigot dari bayi kembar identik gagal terpisah dengan sempurna.

Kondisi bayi dempet ini tentunya dapat dicegah dengan menjaga kesehatan selama hamil, seperti memenuhi nutrisi. Selain itu, ada juga cara lain yang lebih memastikan, yaitu USG 4 dimensi yang dilakukan oleh dokter kandungan Anda.

"Pada kehamilan dengan kembar biasanya dokter akan memonitor apakah bayi ini kembar satu telur atau tidak hanya dengan pemeriksaan USG 4 dimensi. Itu bisa membantu apakah bayi itu dempet atau tidak dan dokter akan menentukan persalinan apa yang tepat," kata dr Boyke seperti yang dikutip dari Boykepedia, Senin (7/8/2017).

Sebaiknya kenali tanda kehamilan Anda agar tidak sembarangan menyantap makanan dan mengonsumsi obat yang membahayakan kehamilan agar tidak muncul hal yang tidak diinginkan. 

Penulis: Michelle Tania 

 

Saksikan video berikut ini: 

Artikel Selanjutnya
Meski Ngetren, Dokter Boyke Tak Anjurkan Proses Melahirkan Ini
Artikel Selanjutnya
Cara Atasi Gangguan Irama Jantung pada Ibu Hamil