Sukses

Berhenti Merokok dengan 4 Langkah Mudah

Anda sulit berhenti merokok? Ikuti empat langkah mudah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Merokok nampaknya sudah menjadi gaya hidup bagi kebanyakan orang. Padahal rokok memiliki banyak risiko kesehatan, seperti penyakit paru, kanker dan gangguan pada janin bagi wanita hamil.

Pada sebagian orang, berhenti merokok merupakan hal sulit. Jika Anda merupakan perokok yang ingin menghentikan kebiasaan ini, berikut ada empat langkah mudah berhenti merokok, mengutip laman Step to health, Sabtu (5/8/2017).

1. Hindari minum kopi di pagi hari selama sebulan

Kafein merangsang keinginan untuk merokok. Untuk itu, menghindari kopi di pagi hari merupakan langkah awal yang tepat.

Beberapa minuman terbaik bisa Anda minum sebagai pengganti kopi, diantaranya teh kayu manis, teh jahe dan infused water buah-buahan.

Minuman tersebut juga penting untuk meningkatkan asupan vitamin C yang diperlukan untuk membersihkan paru-paru Anda.

2. Kurangi makanan manis

Bila Anda perokok aktif, cobalah kurangi kadar glukosa dalam darah. Sejumlah kecil hipoglikemia dapat menimbulkan stres dan perasaan tidak nyaman.

Jika Anda banyak memakan makanan manis, seperti permen, keinginan untuk merokok dapat semakin besar.

Sebagai gantinya, makanlah makanan yang rendah gula seperti gandum dan oatmeal.

3. Konsumsi makanan yang membuat relaks

Menurut laman Step to health, konsumsi makanan yang menenangkan dapat mengurangi keinginan untuk merokok.

Beberapa makanan zen atau makanan yang menenangkan menurut pakar nutrisi yaitu sup labu, ikan putih, sayuran, pisang dan bawang putih.

4. Minum air hangat dengan madu

Minumlah secangkir air hangat dengan satu sendok makan madu. Ramuan ini merupakan pembersih antibakteri yang meningkatkan pertahanan, memberi energi, bagus untuk paru-paru. Minumlah dua kali sehari. Ini adalah trik yang sangat sederhana yang tidak memerlukan biaya apapun dan membuat Anda merasa nyaman.

Pada dasarnya, empat langkah ini hanya efektif jika Anda konsisten dan ingat betapa pentingnya bagi Anda untuk berhenti merokok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini