Sukses

Buah Delima Efektif Hilangkan Jerawat

Buah delima ternyata adalah obat yang efektif untuk hilangkan jerawat yang membandel.

Liputan6.com, Jakarta Buah delima kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti melawan kanker dan melindungi jantung. Tidak hanya itu, buah merah ini juga bisa mengatasi jerawat yang membandel.

Kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk perawatan wajah jerawat jika kita bisa mendapatkan alternatif lain yang lebih murah, seperti buah delima. Ekstrak pada buah delima menyerang bakteri penyebab jerawat, Propionibacterium acnes (P acnes) dan Staphylococcus aureus (S aureus), secara langsung.

Inilah manfaat buah delima bagi kulit berjerawat. Seperti yang dilansir dari laman The Health Site, Kamis, (3/8/17).

1. Mengurangi peradangan

Ekstrak buah telah menunjukkan efek anti inflamasi dengan mengendalikan pertumbuhan P acnes.

2. Tidak mengiritasi kulit

Ekstrak buah delima di kulit efektif pada jerawat tanpa menimbulkan efek samping seperti pengelupasan atau kemerahan. Berbeda dengan perawatan jerawat standar seperti retinols, asam salisilat dan peroksida benzoil yang bisa menyebabkan iritasi.

3. Mengendalikan pertumbuhan bakteri

Ditemukan bahwa pertumbuhan bakteri oportunistik seperti P acne dan S aureus bisa ditekan dengan ekstrak buah delima. Polifenol dalam ekstrak juga bisa merusak timbunan jerawat akibat kedua bakteri tadi.

4. Menghambat lipase

Bakteri melepaskan enzim yang dikenal sebagai lipase yang membantu mereka mencerna sebum di kulit kita. Setelah pencernaan, lipase melepaskan asam lemak dan produk limbah ke dalam kulit yang menyebabkan iritasi.

Ekstrak delima efektif dalam mengurangi produksi lipase, menyelamatkan kulit dari peradangan lebih lanjut.

Bagaimana cara menggunakannya pada kulit?

Tidak dapat disangkal bahwa buah delima adalah buah yang lezat, meski agak merepotkan untuk dikupas dan dimakan. Baik kulit dan jus buahnya bisa digunakan untuk mengurangi jerawat. Bubuk buahnya bisa dicampur dengan sedikit madu dan dioleskan ke wajah.

Penulis: Michelle Tania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.