Sukses

Mengenal Dumolid yang Ditemukan di Rumah Tora Sudiro

Liputan6.com, Jakarta Polisi menangkap artis Tora Sudiro dan Mieke Amalia atas dugaan penggunaan narkoba. Saat penangkapan, polisi menemukan 30 butir dumolid di kediaman Tora. 

Dumolid merupakan obat yang mengandung nitrazepam, yang termasuk ke dalam golongan benzodiazepine.

Mengutip laman Medicines, Kamis (3/8/2017), tablet nitrazepam seharusnya digunakan untuk perawatan jangka pendek bagi orang yang kesulitan tidur atau mengidap insomnia.

Nitrazepam bekerja dengan menambah panjang durasi tidur dan mengobati insomnia. Obat psikotropika golongan IV ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

"Nitrazepam dan sejenisnya hanya bisa didapatkan dengan resep dokter dan biasanya pemakaiannya dipantau oleh dokter yang memberikan," ucap Rizki Aulia, S. Farm, Apt kepada Health-Liputan6.com saat dihubungi pada Kamis (3/8/2017).

Penyalahgunaan obat ini dapat menimbulkan ketergantungan. Selain itu, apabila individu menggunakan obat ini secara berlebihan atau overdosis, dapat menyebabkan depresi pada sistem saraf pusat, lesu hingga koma.

Selain itu, orang yang menyalahgunakan obat ini bisa terlihat seperti orang yang kebingungan, mengantuk, dan kesulitan bernafas.

Tak sampai di situ, efek samping yang tidak terduga dari penggunaan nitrazepam adalah anafilaksis, angioedema, gangguan tidur yang semakin parah, kram otot, sakit kepala, vertigo dan hipotensi. 

Kasus Tora Sudiro yang terbukti memiliki 30 butir dumolid sampai saat ini masih dalam pengembangan penyelidikan kepolisian. 

 

 

Artikel Selanjutnya
Pakai Baju Adat Jawa, Tora Sudiro Dinilai Kurusan
Artikel Selanjutnya
Pulang dari RSKO, Tora Sudiro Dampingi Moreno Soeprapto Menikah