Sukses

Tips agar Anak Aman Gunakan Gadget

Liputan6.com, Jakarta Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat maju. Berbagai gadget atau gawai sudah sangat familiar bagi anak-anak, bahkan tugas-tugas sekolah pun memerlukan penggunaan internet.

Gadget dan internet memberikan hal yang positif dan negatif bagi anak. Maka dari itu, orangtua pun terkadang bimbang saat akan memberikan izin menggunakan gadget atau internet. Berikut ini tips mengenai penggunaan gadget dan internet dalam keluarga.

Tentukan durasi atau waktu penggunaan gadget. Misalnya, dimulai dari jam 16.00-17.00 di Sabtu dan Minggu. Untuk anak usia sekolah ke atas, orangtua dapat mengajak berdiskusi tentang waktu gadget ini dan membuat kesepakatan bersama.

Orangtua pun dapat menentukan area tanpa gadget di rumah. Misalnya, tidak boleh menggunakan gadget di meja makan atau di kamar pribadi. Atau gadget hanya boleh digunakan di ruang keluarga agar orangtua dapat mengawasi anak.

Orangtua dapat mendiskusikan hal ini dan membuat kesepakatan bersama dengan anak. Area tanpa gadget ini ditetapkan agar interaksi dan komunikasi dalam keluarga tetap terjaga baik.

Orangtua perlu mengetahui semua media sosial yang digunakan oleh anak dan secara berkala mengawasi konten media sosial anak. Apabila orangtua dan anak menjadi teman dalam media sosial, orangtua juga perlu menjaga konten akun pribadinya dan memberikan contoh kepada anak mengenai etika yang baik dalam menggunakan media sosial.

Orangtua sebaiknya mengajak anak berdiskusi mengenai risiko dari berbagi informasi pribadi pada media sosial.

Secara berkala, orangtua perlu memeriksa setting privasi di gadget maupun media sosial anak. Misalnya, pada situs Youtube terdapat tombol yang menyaring konten dewasa, di Instagram terdapat pilihan untuk mengunci akun.

Penggunaan gadget atau internet bagi anak tidak selalu buruk, selama orangtua dan anak tetap membangun komunikasi dan terbuka mengenai hal ini.

 


Rayi Tanjungsari, M.Psi 
Psikolog di Klinik Kancil & PION Clinicians 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

Artikel Selanjutnya
Gadget Canggih Bikin Lari Pagi Makin Semangat, Kok Bisa?
Artikel Selanjutnya
5 Bahan Terbaik dan Paling Aman untuk Bersihkan Gadget