Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Kenapa Vagina Terasa Lebih Rapat Saat Hamil?

Ada beberapa wanita yang merasa vaginanya menjadi lebih rapat saat hamil. Kenapa ya?

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan mengubah tubuh seorang wanita. Tubuh menjadi lebih besar, kaki membengkak, kulit menjadi lebih gelap, dan masih banyak lagi. Namun, ada beberapa wanita yang merasa vaginanya menjadi lebih rapat.

Vagina terasa seperti sedang latihan kegel yang terus-menerus dan terus-menerus. Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah vagina saya lebih rapat saat hamil?

Dr. Amy L. Gilliland, Approved Doula Trainer and Doula Research Fellow di UW Madison Center for Child and Family Well Being, menjelaskan perubahan yang dialami vagina selama kehamilan kepada Romper, dilansir Rabu (2/8/2017).

"Ukuran vagina tidak berubah selama kehamilan, tapi memang merespons hormon kehamilan dan terjadi peningkatan aliran darah," katanya.

Gilliland menjelaskan selama kehamilan, volume darah seorang ibu dapat meningkat hingga 20 persen, yang berarti ada lebih banyak cairan yang beredar melalui sistem. Aliran darah yang ekstra ini bisa meningkatkan selaput lendir di seluruh tubuh, termasuk vagina, yang bisa membuatnya terasa bengkak. Bengkak ini mungkin menimbulkan rasa rapat saat hamil.

Selain itu, mental juga berperan besar dalam kerapatan vagina. Menurut Psychology Today, jika wanita hamil merasa vaginanya terlalu rapat saat berhubungan seks, mungkin karena dia merasa ragu secara emosional atau mental tentang tindakan tersebut, atau dia secara fisik tidak cukup nyaman agar vaginanya rileks.

Artikel tersebut menjelaskan vagina Anda seperti akordeon, dan ketika bergairah dan persalinan bisa cukup mengendur, tapi saat timbul kegelisahan atau ketidaktertarikan dapat tetap tertutup rapat.

Normal saja apabila wanita hamil ragu-ragu untuk berhubungan seks. Dia mungkin khawatir dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan, dengan penampilan tubuhnya sendiri, atau bahkan keamanan bayinya. Semua hal ini bisa memberi kontribusi pada rasa rapat pada vagina.

Kehamilan tidak akan memengaruhi ukuran atau kerapatan vagina Anda. Jika Anda merasa lebih rapat dari biasanya saat berhubungan seks, mintalah pasangan Anda untuk meluangkan waktu lebih pada Anda, secara fisik dan emosional, sehingga Anda cukup rileks. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.