Sukses

Pertanyaan Seru dan Kreatif Sambut Anak Pulang Sekolah

Saat anak pulang sekolah, orangtua sebaiknya jangan memberi pertanyaan yang bisa membuat mereka tertekan.

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak pada usia prasekolah biasanya masih pada fase cerewet-cerewetnya. Justru biasanya orangtua yang kewalahan untuk menanggapi dan mendengarkan celotehan mereka.

Komunikasi menjadi bagian terpenting dalam berinteraksi dengan anak di periode emas hidupnya ini. Orang tua juga biasanya penasaran apa saja yang telah dilakukan anak di sekolah.

Kecenderungannya, orangtua sering memberikan pertanyaan yang terlalu serius, seperti: besok ada pekerjaan rumah tidak, tadi belajar apa saja? Pertanyaan ini akan membuat anak merasa tertekan.

Cobalah beberapa pertanyaan kreatif ini ketika menyambut si kecil pulang sekolah, seperti yang dikutip dari laman mommiesdailydotcom di Vidio.com, Kamis (3/8/17).

1. Apa yang membuatmu tertawa hari ini?
2. Hari ini di sekolah, apa yang paling kamu tunggu-tunggu?
3. Tadi teman sebangku kamu bawa bekal apa ke sekolah?
4. Tadi ada nggak teman kamu yang lagi sedih?
5. Tadi pas istirahat kamu main apa?
6. Apa yang paling bikin kamu kesal hari ini?
7. Ada pelajaran yang bikin ngantuk nggak tadi?
8. Hari ini ada yang dimarahi sama guru nggak?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan membuat si kecil berpikir kembali mengenai aktivitas apa yang telah terjadi di sekolah tadi. Ini juga akan membuat si kecil menjadi interaktif dan semangat untuk menceritakan apa yang dia alami di sekolah. 

Dan, orangtua juga bisa mendapatkan info tentang hari anak tanpa membuat mereka merasa terintimidasi atau tertekan.

Penulis: Michelle Tania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.