Sukses

Cara Jelaskan Perceraian Orangtua pada Anak

Liputan6.com, Jakarta Perceraian sering kali terasa sangat menyakitkan bagi seorang wanita. Apalagi jika wanita harus menjelaskan kepada anak mengenai perceraian tersebut. Kebanyakan wanita merasa bingung dan takut menyakiti hati anaknya.

Dikutip dari laman Your tango, Kamis (3/8/2017), ada beberapa cara agar dapat menjelaskan kepada anak tentang perceraian Anda dan pasangan.

1. Mempersiapkan waktu

Membicarakan perceraian bisa menjadi hal yang sangat memilukan bagi siapa saja. Pertimbangkan kondisi anak saat Anda hendak memberi tahu kondisi perceraian Anda.

Jika anak Anda masih bersekolah, Jumat malam merupakan waktu terbaik untuk menjelaskan karena anak memiliki waktu dua hari untuk menenangkan diri sebelum masuk sekolah pada hari Senin.

Jangan beri tahu anak tentang perceraian saat liburan dan di hari spesial karena itu akan menjadi trauma dan sulit dilupakan.

2. Beritahu semua anak sekaligus

Duduklah sebagai keluarga dengan anak-anak dan pasangan Anda. Jika ini tidak memungkinkan, beritahukan mereka dalam waktu yang hampir bersamaan.

Jangan rahasiakan sesuatu dari salah satu anak Anda. Pastikan setiap anak mendapatkan penjelasan yang sama mengenai perceraian Anda.

3. Jangan menyalahkan

Setiap anak membutuhkan kedua orangtuanya, jadi lakukanlah hal terbaik agar anak bisa tetap berhubungan dengan ayahnya.

Jangan salahkan pasangan Anda di depan anak. Biarkan anak mengetahui kebenarannya dan menyimpulkannya sendiri.

4. Jelaskan cara agar anak tetap bisa berhubungan dengan kedua orangtuanya

Saat salah satu orangtua pergi dari rumah, beritahu anak dan jelaskan bagaimana agar dia dapat membagi waktu dengan ayah dan ibunya. Hal ini penting agar anak merasa dirinya tetap dapat berkumpul bersama kedua orangtuanya, meski secara terpisah.

 

Saksikan juga video berikut ini:

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Diterpa Masalah Rumah Tangga, Muzdalifah Punya Obat Khusus
Artikel Selanjutnya
Lawan Ayahnya, Bocah Ini Beri Jurus Ampuh agar Tak Dihukum