Sukses

Kembali Populer, Apa Manfaat Main Bola Voli bagi Tubuh?

Liputan6.com, Jakarta Popularitas olahraga bola voli meningkat setelah Indonesia berhasil masuk semifinal Kejuaraan Voli Asia 2017. Walau semalam gagal masuk final setelah kalah dari Jepang, olahraga satu ini tetap jadi perbincangan masyarakat.

Permainan bola voli merupakan aktivitas yang mampu menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Selain itu, olahraga ini juga mengharuskan bersosialisasi karena diperlukan kerja sama antar anggota tim.

Bagi Anda yang senang atau punya keinginan bermain bola voli, berikut tujuh manfaatnya seperti mengutip laman Health Fitness Revolution, Selasa (1/8/2017).

1. Bakar kalori dan lemak

Salah satu keuntungan utama dari bermain bola voli adalah membakar kalori. Berdasarkan data Harvard Medical School, permainan bola voli nonkompetisi selama setengah jam saja sudah mampu membakar 90-133 kalori. 

2. Badan lebih terbentuk

Permainan bola voli akan mengencangkan tubuh bagian atas, lengan, bahu serta otot-otot bagian bawah. Ini bisa terlihat dari tubuh Rendy Tamamilang, Rivan Nurmulki, dan pemain bola voli lain dalam Kejuaraan Voli Asia 2017 yang terlihat kokoh dan tegap. Permainan ini juga memperbaiki sistem kardiovaskular dan pernapasan.

Rivan Nurmulki tampil gemilang saat Timnas Indonesia mengalahkan Iran 3-2 pada perempat final Kejuaraan Voli Asia 2017 di GOR Tri Dharma, Gresik, Minggu (30/7/2017). Timnas Indonesia menang 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Seperti olahraga lain, aktivitas fisik satu ini meningkatkan energi serta meningkatkan performa tubuh yang berujung pada metabolisme tubuh lebih baik.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

1 dari 2 halaman

Percaya diri meningkat

4. Koordinasi tangan dan mata lebih baik

Permainan ini membutuhkan kejelian mata serta pukulan. Rutin bermain bola voli membuat koordinasi tangan dan mata jadi lebih baik.

5. Latih ketangkasan dan keseimbangan tubuh

Bola voli merupakan permainan yang cepat, sehingga pemain dituntut memiliki fisik kuat dan kejelian. Selain itu, selama bermain pemain juga akan melakukan serve, pass, set, attack, dan blok bola. Untuk bisa melakukan itu semua diperlukan fleksibilitas, keseimbangan, dan ketangkasan tubuh.

Suporter Timnas voli putra Indonesia bersorak saat menyaksikan laga Indonesia melawan Jepang di Semifinal Kejuaraan Voli Asia 2017 di GOR Tri Dharma, Gresik, Senin (31/7). Indonesia kalah 3-0 (17-25, 24-26, 23-25). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

6. Keterampilan interpersonal terasah

Permainan bola voli menuntut pemainnya bekerjasama dengan cepat. Studi pada 2008 menemukan, olahraga tim seperti ini membuat para pemainnya jadi lebih luwes bekerjasama dengan orang lain. Nantinya, keterampilan seperti ini akan terbawa di luar lapangan.

7. Tingkatkan percaya diri

Pelepasan hormon endorfin saat bermain bola voli mendatangkan perasaan bahagia. Selain itu, aktivitas ini juga mampu meningkatkan rasa percaya diri (efek perasaan bahagia serta tubuh bugar) yang berujung pada kebahagiaan hidup secara keseluruhan.

Artikel Selanjutnya
Hanya Imbang Lawan Fiji, Luis Milla: Timnas Indonesia Butuh Waktu
Artikel Selanjutnya
Spanyol Sikat Italia, Lopetegui Ogah Puji Isco