Sukses

Vaksin MR Aman dan Ampuh Cegah Campak dan Rubella

Liputan6.com, Jakarta Cacat akibat Sindroma Rubella Kongenital yang disebabkan penyakit rubella, biasanya menyerang anak. Tapi penularannya bisa terjadi pada ibu hamil di trimester pertama. Ini dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus.  Kecacatan yang terjadi meliputi kelainan pada jantung dan mata, tuli, dan tumbuh kembang lambat.

Serupa dengan rubella, campak--yang juga penyakit infeksi menular melalui saluran napas--dapat menyebabkan komplikasi kronis seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, dan kematian, menurut berita pers Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI, ditulis Selasa (1/8/2017).

Untuk mencegah kedua penyakit ini, ada kampanye imunisasi dengan vaksin Measles Rubella (MR) Imunisasi MR diberikan pada anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun. Kampanye imunisasi MR dilaksanakan selama Agustus-September 2017 di seluruh wilayah di pulau Jawa.

Pada Agustus-September 2018 akan dilaksanakan di seluruh wilayah di luar pulau Jawa. Pada tahun ini, kampanye dilakukan di sejumlah 6 provinsi, 119 kabupaten/kota dan 3.579 puskesmas dengan menyasar 34.964.384 anak.

Demi menyukseskan kampanye vaksin MR, Kementerian Kesehatan menyediakan 4.777.150 vial vaksin MR, alat suntik, dan logistik pendukungnya, seperti buku Petunjuk Teknis pelaksanaan, materi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE).

Ketersediaan ini digunakan sebagai media sosialisasi kepada masyarakat. Vaksin MR ini mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Vaksin MR dinilai efektif mencegah penyakit campak dan rubella (95 persen).

Vaksin MR juga aman dan sukses digunakan lebih dari 141 negara di dunia. Efek berupa demam ringan, ruam merah, bengkak ringan dan nyeri di tempat suntikan setelah imunisasi bisa menghilang dalam waktu 2-3 hari. Kondisi ini normal terjadi.

Simak video menarik berikut ini:

  • Rubella, atau dikenal dengan nama Campak Jerman, merupakan penyakit infeksi virus yang menyerang kulit dan kelenjar getah bening.
    Rubella
  • Campak adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala campak berupa ruam merah pada seluruh tubuh yang disertai demam, batuk, dan pilek.
    Campak
  • vaksin

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Rajin Cuci Tangan Bisa Cegah Kanker Serviks
Artikel Selanjutnya
Sembuhkan Penyakit Paru-Paru dengan Daun Cocor Bebek