Sukses

5 Fakta Putri Presiden Kirgizstan, Aliya Shagieva

Liputan6.com, Jakarta Nama anak Presiden Kirgizstan, Aliya Shagieva, naik daun setelah dia mengunggah foto menyusui buah hatinya di media sosial pada April lalu. Dalam foto itu dia menggunakan pakaian mini sembari menyusui buah hatinya, Tagir.

Unggahan foto perempuan 20 tahun itu menuai kontra dari publik di negaranya yang 75 persen adalah muslim. Foto yang dia unggah dianggap terlalu vulgar.

Aliya Shagieva. (Sumber foto: bbc.com)

Berbicara kepada BBC Kyrgyzstan baru-baru ini, Aliya Shagieva mengatakan foto tersebut seperti orang-orang pikirkan.

"Tubuh yang diberikan ini tidak vulgar. Ini punya fungsi, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan fisiologis bayiku, bukan terkait seksualitas," katanya dikutip Senin (31/7/2017).

Di luar hal ini, ada banyak hal menarik tentang kehidupan anak termuda Presiden Almazbek Atambayev dan Raisa ini. Mulai dari pilihannya menjadi seorang vegetarian hingga rasa cintanya terhadap seni. Berikut selengkapnya dari berbagai sumber:

1. Suka mengunggah foto di media sosial

Seperti anak muda lainnya, Aliya Shagieva juga senang menggunggah foto di media sosial. Beragam hal menarik dalam kehidupannya seperti saat hamil Tagir, aktivitas menyusui, hingga foto dirinya berlatar belakang pemandangan Kirgizstan nan indah.

Dikenal karena kontroversi foto menyusui bayi, putri presiden Kyrgyztan ternyata punya pose menarik yang instagramable. (Instagram/Aliya Shagieva)

2. Menikah usia muda

Di usia 20 tahun, Aliya sudah memiliki anak yang lahir pada Maret 2017. Pernikahannya sendiri dilakukan pada September lalu dengan Konstantin.

Foto Aliya Shagieva yang sedang menyusui memicu banyak respon. Rupanya, silang publik pendapat soal menyusui di ruang publik masih berjalan. | Sumber Foto: Instagram/@chestnayaaa

3. Sering kesepian

Aliya adalah sosok yang terbuka. Dia sering mengungkapkan rasa kesepian sebagai anak dari orangtua yang sibuk. Namun di tengah rasa sepinya, dia sering menghabiskan waktu dengan melukis. 

Sebuah potret menyusui yang diposting oleh putri presiden Kyrgyztan, menuai protes netizen dan dianggap sebagai hal vulgar. (Instagram/Aliya Shagieva)

4. Aktivis sosial

Dalam beberapa kesempatan Aliya aktif mendukung hal-hal sosial seperti membela anak-anak down syndrome dan hak-hak hewan. Namun, tidak terlihat dia memiliki hasrat masuk di ranah politik.

5. Vegetarian

Aliya Shagieva dan suami, Konstantin, memilih menjadi seorang vegetarian. Hal ini berbeda dengan kebiasaan makan orang Kirgizstan yang gemar makan daging.

Saksikan juga video  menarik berikut:

 

Artikel Selanjutnya
PKS: Pertemuan SBY-Megawati Momen Awal Rekonsiliasi
Artikel Selanjutnya
Ini Kunci Keberhasilan Jokowi Kumpulkan Mantan Presiden