Sukses

7 Tanda Seseorang Kecanduan Narkoba

Ada tanda-tanda seseorang kecanduan narkoba.

Liputan6.com, Jakarta Orang yang kecanduan narkoba seringkali tidak menyadari dirinya sudah menjadi pecandu. Mereka merasa tubuh akan terasa sakit bila tidak segera bersentuhan dengan narkoba.

Untuk mengetahui dan membantu seseorang yang kecanduan narkoba agar tidak terbenam semakin dalam, berikut tanda-tanda yang perlu diwaspadai.Seperti dilansir dari laman Daily Entertainment, Senin (31/7/2017).

1. Perubahan suasana hati

Orang yang kecanduan narkoba selalu mengalami mood swings (perubahan suasana hati yang cepat). Mood bisa berubah beberapa kali bahkan tanpa ia sadari.

Hal ini tergantung, apakah mereka berada di bawah pengaruh obat atau tidak.

Ilustrasi Depresi

2. Depresi

Pecandu narkoba rentan mengalami depresi. Seringnya, mereka hanya bisa merasa senang ketika berada di bawah pengaruh narkoba. Begitu tidak mendapatkannya, mood hancur dan jadi depresi.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Euforia

3. Euforia

Penggunaan obat yang rutin dapat membawa pecandu ke titik euforia yang ekstrem. Hal ini membuat mereka merasa sangat gembira.

(Ilustrasi) Tak disangka, tertawa ternyata membahayakan nyawa. | via: dailymoslem.com

4. Perilaku kriminal

Pecandu narkoba akan melakukan apapun untuk mendapatkan lebih banyak obat. Seperti jadi bandar narkoba, mencuri atau merampok.

3 dari 4 halaman

Kecemasan terus menerus

5. Kecemasan terus menerus

Penggunaan obat-obatan yang terus-menerus menimbulkan kegelisahan.

Foto Ilustrasi

6. Ingin obat lebih banyak

Kecanduan obat dapat membuat seseorang menginginkan lebih banyak obat. Hal ini akan membuat dosis yang mereka gunakan bisa terus meningkat.

4 dari 4 halaman

Perubahan penampilan

7. Perubahan penampilan

Individu yang kecanduan obat cenderung tampil berbeda dibandingkan sebelum mereka mulai kecanduan. Obat-obatan seperti heroin dan kokain dapat menyebabkan individu menjadi kurus.

Ilustrasi Wanita gemuk (iStockphoto)​

Ganja dapat menyebabkan berat badan bertambah bagi beberapa orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.