Sukses

Jaga Kesehatan Otak dengan Alpukat

Orang yang mengkonsumsi makanan yang mengantung tinggi lutein mengalami respon otak yang stabil.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin menjaga daya ingat tetap tajam, konsumsilah makanan yang mengandung lutein, misalnya alpukat.

Seperti dikutip dari laman Men's Health, Senin (31/7/2017), penelitian terbaru di Frontiers in Aging Neuroscience menunjukkan, orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi lutein mengalami respons otak yang stabil.

Untuk membuktikan hal tersebut, peneliti mengukur kadar karotenoid spesifik yang disebut lutein pada 60 orang yang berusia 25 sampai 45 tahun. Kemudian, peneliti mengukur aktivitas otak dan respons neuron mereka saat melakukan tugas yang berat.

Hasilnya, orangtua yang memiliki tingkat lutein lebih tinggi menunjukkan respons saraf yang lebih sesuai dibandingkan dengan rekan mereka yang lebih muda dengan kadar lutein yang lebih rendah.

Tampaknya lutein memainkan peran protektif di otak. Orang-orang dengan tingkat lutein yang lebih tinggi dapat mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Penelitian tersebut tidak menunjukkan seperti apa tepatnya nutrisi tersebut membantu. Meski demikian, penelitian terbaru menunjukkan lutein memiliki fungsi anti inflamasi dan membantu meningkatkan fungsi otak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.