Sukses

Cara Terampuh untuk Usir Jerawat Dada

Jerawat di dada bisa menganggu dan merusak penampilan, terutama saat cuaca panas.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat, di manapun tumbuhnya, memang mengganggu. Tapi jerawat yang tumbuh di dada--terutama saat musim panas, bisa jadi sangat mengganggu.

Saat cuaca panas, kelembapan udara, keringat, dan tabir surya bisa menyumbat pori-pori. Padahal justru saat matahari bersinar terik, Anda lebih memilih memakai pakaian yang sedikit lebih terbuka untuk mencegah gerah.

Lantas, bagaimana cara mengusir jerawat dada tanpa meninggalkan bekas? Melansir Byrdie, Minggu (30/7/2017), yang berbicara dengan dermatolog Dr. Kristina Goldenberg dari Goldenberg Dermatology di New York City, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat di dada:

1. Mandi setelah berkeringat

"Ada beberapa cara untuk memperkecil tumbuhnya jerawat di dada," ujar Goldenberg. "Untuk mereka yang berolahraga, saya menyarankan untuk segera mandi setelah latihan selesai."

Langsung beraktivitas setelah olahraga tanpa mandi saat cuaca panas, bisa sangat mengganggu kondisi kulit.

"Ketika keringat menempel di kulit pada waktu yang lama, mereka akan menyumbat pori dan membuat jerawat tumbuh," Goldenberg menjelaskan. "Karenanya, mandi setelah berolahraga akan memberikan perbedaan besar."

2. Hindari diet tinggi glikemik

Beberapa makanan bisa memicu ketidakseimbangan hormon dan kemunculan jerawat. Goldenberg mengingatkan untuk menghindari diet tinggi glikemik..

Makanan tinggi glikemik termasuk, gula, tepung, beras, roti, berbagai sereal sarapan, dan juga beberapa jenis buah (pisang, anggur, dan semangka).

3. Gunakan sabun antibakteri

Untuk kasus jerawat ringan, Goldenberg menyarankan untuk menggunakan sabun antibakteri. Dia juga mengingatkan untuk menggunakan selapis tipis pelembap bebas minyak setiap hari.

Untuk kasus jerawat sedang atau berat, bicarakan pada dokter kulit tentang cara penanganannya.

4. Memulai perawatan sejak dini dan konsisten

Dan terakhir, perawat yang dimulai sejak dini dan konsisten adalah kunci sukses menyingkirkan jerawat di dada. Area dada rentan terhadap bekas luka, dan memulai perawatan sejak dini adalah cara efektif mencegahnya muncul, tekan Goldenberg.

"Sangatlah penting untuk ingat, tanpa konsistensi dalam perawatan kulit, jerawat akan sulit hilang dan bisa meninggalkan bekas," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.