Sukses

Berapa Banyak Serat yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari?

Kebutuhan serat harian bergantung pada seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang lebih mementingkan asupan protein, karbohidrat dan lemak saja, tapi tidak memperhatikan banyak serat yang harus didapatkan setiap hari. Padahal, serat merupakan nutrisi penting yang mampu melancarkan pencernaan sampai menurunkan kadar glukosa darah yang melonjak.

Menurut Dr Robynne Chutkan, seorang gastroenterolog dan penulis The Bloat Cure, serat dapat bantu menciptakan semacam jel spons yang mempermudah keluarnya kotoran. Dikutip dari laman Mens Xp, Minggu (30/7/2017) asupan serat harian harus disesuaikan dengan porsi makan.

"Semakin banyak makanan yang Anda konsumsi, maka semakin banyak serat yang dibutuhkan," kata Rachit Dua, pelatih olahraga dan pakar nutrisi olahraga.

Namun, penting juga untuk memperhatikan jenis serat yang dikonsumsi, yakni serat larut dalam air dan serat tidak larut air. Dua menjelaskan, jenis serat larut dalam air dapat membantu mengikat makanan untuk menyerap nutrisinya secara optimal.

Sementara serat tidak larut berfungsi untuk memperbaiki dan mempermudah proses pencernaan seperti buah dan sayuran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.