Sukses

3 Trik Turunkan Berat Badan bagi Mereka yang Tak Suka Diet

Menurunkan berat badan tak hanya soal diet, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk berhasil melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan seringnya berfokus pada makanan dan diet. Namun sebenarnya, diet bukanlah satu-satunya cara mengendalikan berat badan.

Kesalahpahaman itulah yang membuat banyak berusaha diet dengan berbagai macam cara, atau menjadikan hal ini sebagai resolusi tahun baru mereka. Namun survei yang dilakukan oleh Aldi, hanya 9 persen dari mereka yang berpegang teguh pada resolusi diet tersebut.

Untuk menurunkan berat badan dan menjaganya, Anda perlu menjalankan kebiasaan sehat selain diet. Beberapa dari kebiasaan itu terlihat tak berhubungan dengan berat badan padahal sangat efektif.

Melansir Women's Health, Minggu (30/07/2017) berikut tiga kebiasaan sehat yang sama bergunanya dengan diet untuk menurunkan berat badan:

1. Lebih banyak tidur

Mungkin terdengar tak masuk akal. Tapi, saat kurang tidur akan sulit untuk memantau dan menjalan diet atau olahraga Anda.

Bahkan, satu studi yang diterbitkan di European Journal of Clinical Nutrition menemukan, partisipan yang tidur kurang, 5,5 jam per malam, makan 385 kalori lebih banyak keesokan harinya.

Orang yang kurang tidur juga sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Mereka akan melewatkan protein, dan malah makan makanan tinggi kalori.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Fokus pada tindakan, bukan hasilnya

Tetapkan target, namun kemudian mundurlah dan tentukan tindakan yang dibutuhkan untuk mencapai target tadi. Sebagai contoh, jika Anda ingin menurunkan berat badan, perkirakan secara masuk akal berapa lama waktu yang akan Anda perlukan.

Lalu beralihlah pada tindakan dan perbuatan kecil yang bisa membantu mencapai target: berhenti minum soda, makan protein di setiap waktu makan, mengisi setengah piring Anda dengan sayuran, dan lainnya.

Ketika setiap tindakan tadi dilakukan, secara konsisten, hasilkan akan kelihatan.

3. Berhenti menyiksa diri karena makanan

Makan seharusnya nikmat. Makanan juga menawarkan banyak hal selain nutrisi. Mereka mengisi tubuh dan pikiran. Makanan menciptakan percakapan, dan koneksi antar manusia. Dan pada akhir hari, satu makanan bisa menentukan kesuksesan Anda.

Jika saat Anda keluar bersama teman lantas terlalu banyak makan dan minum, tak usah dipusingkan. Hal itu sudah terjadi. Fokuslah pada apa yang bisa Anda lakukan setelahnya, seperti usaha untuk membakar kalori atau menentukan menu selanjutnya yang lebih sehat.

Tiga hal di atas sama sekali tidak berhubungan dengan diet dan makanan. Memiliki pola makan sehat seringnya lebih berhubungan dengan otak dan pola pikir, dibandingkan dengan perut.

Ketika Anda memiliki pola pikir yang sehat, semuanya akan berjalan seperti seharusnya, dan berat badan Anda akan turun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.