Sukses

6 Makanan yang Bisa Tekan Nafsu Makan dan Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Demi berat badan turun, Anda tidak hanya perlu rutin olahraga. Pola makan dengan makanan tertentu dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Makanan ini pun akan mencegah Anda makan berlebihan. Anda pun dapat mengendalikan rasa lapar, dikutip dari CNN, Sabtu (29/7/2017).

Greek Yogurt

Greek Yogurt kaya protein dibandingkan yogurt lain.

Greek yogurt yang sehat perlu Anda masukkan dalam menu harian karena manfaatnya yang menyeluruh untuk tubuh.

Ini menjadikannya salah satu camilan terbaik untuk menekan nafsu makan. Kandungan proteinnya dapat membuat Anda merasa kenyang.

1 dari 6 halaman

Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak yang sehat untuk jantung. Kandungan kalori sebanyak 9 kalori per gram, yang bisa mengendalikan rasa lapar. Alpukat kaya akan lemak, yang dikenal sebagai asam oleat--asam lemak omega 9 yang juga ditemukan dalam minyak zaitun.

Di dalam tubuh, asam oelat diubah menjadi senyawa, yang disebut OEA (oleoylethanolamide). OEA akan mengurangi rasa lapar.

Ilustrasi Buah Alpukat (iStockphoto)

Selain alpukat dan minyak tertentu, sumber asam oleat lainnya berupa buah zaitun, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pastikan untuk menonton bagian dari makanan tinggi lemak ini.

2 dari 6 halaman

Cabai merah

Capsaicin adalah senyawa tanaman pada cabai merah yang memberi sensasi pedas mereka. Senyawa ini dapat membuat kalori tetap terkendali, yang merupakan kunci penurunan berat badan.

Penelitian menunjukkan, capsaicin dapat membantu mengurangi rasa lapar. Dalam sebuah penelitian kecil, ketika orang mengonsumsi menu berbahan cabai merah saat sarapan, mereka mengalami penurunan nafsu makan sebelum makan siang.

Cabai, Si Merah untuk Atasi Batuk Secara Alami

Akibatnya, mereka akan makan lebih sedikit protein dan lemak saat makan siang.

Studi lain menemukan, penambahan cabai merah ke makanan pembuka dapat mengurangi jumlah kalori dan karbohidrat yang dikonsumsi saat makan siang dan saat mengemil beberapa jam kemudian (setelah makan siang).

3 dari 6 halaman

Sup

Saat sup dimakan sebagai makanan pembuka, ini bisa mengurangi rasa lapar, meningkatkan rasa lapar, dan mengurangi total kalori yang dikonsumsi.

Ilustrasi Sup Ayam (iStockphoto)​

Berkat kandungan airnya yang tinggi dan kalori rendah bisa membuat Anda merasa kenyang. Penelitian menyarankan, makan sup sebagai camilan dapat menjaga rasa lapar.

4 dari 6 halaman

Salad sayuran

Mirip dengan sup, makan salad sayuran sebelum makan dikaitkan dengan peningkatan rasa kenyang dan penurunan asupan kalori.

Salad sayuran meningkatkan rasa kenyang karena sayuran, seperti selada, tomat dan mentimun memiliki kadar air yang tinggi. Anda juga mendapatkan dosis serat yang sehat, yang berperan terhadap rasa kenyang.

5 dari 6 halaman

Bayam

Bayam merupakan sumber thylakoids--bagian daun hijau klorofil, yang membantu mengurangi jumlah makanan yang Anda makan.

Bayam. | via: healthy-inspiration.tumblr.com

Bayam juga akan membantu penurunan kadar ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Konsumsi Banyak Daging Kambing? Lakukan Hal Ini Setelah Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Be Healthy: Risiko Turunkan Berat Badan Terlalu Cepat