Sukses

Berhenti Merokok Bisa Cegah Wanita Menopause Dini

Merokok menjadi salah satu penyebab wanita mengalami menopause dini.

Liputan6.com, Jakarta Menopause merupakan kondisi lumrah yang akan dialami semua wanita. Usia normal wanita menopause biasanya memasuki 50-an. Namun, ada juga wanita yang mengalami menopause sebelum usia tersebut atau yang sering disebut menopause dini.

Mengalami menopause di usia 30-40 merupakan hal yang menakutkan. Mengutip laman Health, penyebab menopause dini terjadi akibat gangguan genetis, gangguan autoimun, kemoterapi atau radiasi, dan merokok.

Dilansir dari laman Women's Health, Jumat (28/7/2017), menurut American Society of Reproductive Medicine, merokok termasuk salah satu penyebab menopause dini. Beberapa zat kimia dalam rokok seperti nikotin, sianida dan karbon monoksida dapat mempercepat tingkat hilangnya sel telur.

Profesor kebidanan dan kandungan dari Interdisciplinary Program in Menopause Medicine di NYU Langone's School of Medicine, Frederick Naftolin, M.D., PhD, mengatakan sel telur yang hilang atau mati tidak bisa beregenerasi kembali, sehingga rokok menjadi faktor pendukung wanita mengalami menopause dini.

"Wanita yang merokok berisiko satu sampai empat tahun lebih awal mengalami menopause dibandingkan mereka yang tidak merokok," kata Naftolin.

Selain itu, Naftolin menyarankan agar wanita rutin beraktivitas fisik untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar, serta memperlambat proses menopause.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.