Sukses

7 Makanan Terjangkau yang Ampuh Turunkan Kolesterol

Banyak makanan dengan harga terjangkau yang mampu membantu menurunkan kolesterol.

Liputan6.com, Jakarta Asupan makan turut berpengaruh terhadap tingkat kolesterol. Penting bagi orang dengan kadar kolesterol di atas normal atau bahkan tinggi untuk memperhatikan asupan makanan.

Banyak makanan dengan harga terjangkau yang mampu menurunkan kolesterol. Berikut daftar makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh mengutip Prevention, Sabtu (29/7/2017).

1. Bayam

Bisa dengan mudah mendapatkan bayam di sekitar kita, harganya pun cenderung terjangkau. Ya, sayuran berdaun hijau ini mengandung lutein yang membantu menyingkirkan kolesterol di dinding arteri. Sehingga mencegah seseorang terkena serangan jantung.

2. Avokad

Buah berdaging kuning yang lezat ini juga pas untuk dikonsumsi orang dengan kadar kolesterol tinggi. Avokad membantu meningkatkan kolesterol baik HDL sekaligus menurunkan kolesterol jahat LDL.

3. Bawang putih

Bawang putih masuk dalam daftar makanan yang ampuh menurunkan kolesterol. Selain itu, mengonsumsi bawang putih juga ampu mencegah pembekuan darah, mengurangi tekanan darah, serta menghentikan plak penyumbatan arteri. Untuk mendapatkan manfaat baik bawang putih, kunyah 3 siung setiap hari. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kacang Merah

4. Kacang merah

Mengonsumi kacang-kacangan seperti kacang merah ampu menurunkan kolesterol. Riset dari Arizona State University Polytechnic menemukan bila menambahkan setengah cangkir kacang merah ke dalam sup, mampu menurunkan kolesterol jahat hingga delapan persen.

5. Ikan

Selamat bagi Anda yang tinggal di dekat pantai, pasti banyak sumber ikan dengan harga terjangkau. Ya, ikan merupakan salah satu makanan yang kaya omega-3. Studi menunjukkan orang yang mengonsumsi ikan kaya omega-3 seperti salmon, sarden, dan ikan herring mampu meningkatkan kolesterol baik hingga empat persen.

6. Oat

Jika kadar kolesterol tinggi, coba lakukan perubahan pada menu sarapan. Oat merupakan salah satu makanan yang mampu menurunkan kolesterol jahat LDL hingga 5,3 persen dalam enam minggu.

7. Kacang almond dan mete

Camilan kacang almond dan mete yang rendah garam mampu menurunkan kadar kolesterol. dalam studi yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition menemukan orang yang mengonsumsi kacang selama sebulan mampu menurunkan kolesterol total hingga 5,4 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini