Sukses

6 Langkah Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi sangat berisiko terkena penyakit jantung. Namun kabar baiknya, Anda bisa menurunkan risiko tersebut dengan mengontrol gaya hidup.

Bila kadar kolesterol tinggi, dokter mungkin akan memberikan obat untuk membantu mengembalikan kadar kolesterol ke normal. Namun, perubahan kecil dalam gaya hidup Anda akan berpengaruh besar pada kesehatan.

"Bila Anda menjalani perubahan gaya hidup yang lebih baik, terjadi kebaikan dalam enam minggu dan makin terus membaik hingga tiga bulan," kata dokter spesialis jantung asal Rumah Sakit Lenox Hill, Amerika Serikat, Suzanne Steinbaum mengutip WebMD, Jumat (28/7/2017).

Berikut gaya hidup yang perlu dilakukan guna menurunkan kolesterol:

1. Batasi jika perlu hindari makanan yang digoreng

"Batasi lemak trans yang biasa terdapat dalam makanan yang digoreng serta kue dan biskuit. Lemak trans di dalamnya mampu meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik)," kata Steinbaum.

2. Bila gemuk, turunkan berat badan perlahan

Anda tidak perlu menurunkan langsung banyak kilogram agar berat badan turun. Dokter Steinbaum menyarankan cukup menurunkan berat badan 0,5 - 1 kg per minggu. Orang gemuk cukup menurunkan berat badan 5 kg sudah mampu menurunkan kolesterol hingga delapan persen.

3. Olahraga 2,5 jam per minggu

"Olahraga paling tidak 2,5 jam per minggu cukup untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL," kata kardiolog asal Texas, Sarah Samaan.

Jika tidak terbiasa berolahraga, mulai dengan melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki 10 menit. Jika sudah terbiasa bergerak aktif, pilih olahraga yang disukai.

4. Perbanyak konsumsi sayur dan makanan berserat lain

Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti oatmeal, apel, dan kacang-kacangan. Makanan berserat membantu tubuh menyerap kolesterol. Riset menunjukkan orang yang mengonsumsi asupan serat 5-10 gram per hari ampu menurunkan kolesterol.

Disarankan untuk mengonsumsi asupan serat tidak sekaligus banyak tapi perlahan. Mengonsumsi serat terlalu banyak bisa membuat perut jadi kembung.

5. Makan ikan seminggu tiga kali

Dalam seminggu, konsumsi ikan dua hingga tiga porsi. "Ikan mengandung lemak omega-3, selain itu mengganti asupan daging merah dengan ikan mampu mengurangi paparan lemak jenuh," kata Samaan.

6. Bahagia

Jalani hidup dengan santai dan tenang. Bila terlalu stres menjalani kehidupan ini kolesterol jahat bisa naik dan kolesterol baik menurun yang mengakibatkan kadar kolesterol tinggi secara total.  

 

Saksikan juga tayangan berikut ini: 

Artikel Selanjutnya
Ramuan untuk Turunkan Kolesterol Setelah Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Makan Salmon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan