Sukses

Trik Cegah Bayi Alami Bibir dan Langit-langit Sumbing

Liputan6.com, Jakarta Walaupun bibir dan langit-langit sumbing hingga saat ini belum diketahui penyebab pastinya, pencegahan bisa dilakukan.

Sumbing yang termasuk kelainan bawaan dapat menyebabkan ketidaksempurnaan terbentuknya struktur bibir dan langit-langit mulut. Pencegahan dini agar bayi tidak mengalami sumbing dilakukan sebelum ibu hamil.

"Yang pasti pencegahan dilakukan sewaktu ibu belum hamil. Bahkan pencegahan dini dimulai selama perempuan masih lajang dan belum menikah. Perempuan harus menjaga asupan nutrisi yang cukup. Jangan sampai kekurangan vitamin juga protein," jelas dr Prasetyanugraheni Kreshanti, SpBP-RE (KKF), spesialis bedah plastik Cleft & Craniofacial Center, RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

dr Heni, panggilan akrabnya juga menyarankan, perempuan agar menghindari diet yang ekstrem.

"Yang penting ya makan secukupnya dan bergizi. Jadi, ketika mereka sudah besar (dewasa) nanti. Mereka sudah siap jadi 'ibu' dalam kondisi tubuh yang sehat. Bayi pun tidak akan mengalami kelainan apapun bila ibunya sehat," sarannya usai acara memperingati Bulan Kepedulian Sumbing dan Kelainan Craniofacial Lainnya di RSCM Kencana, Jakarta pada Kamis (27/7/2017).

Simak video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
5 Cara Samarkan Area Hitam di Bawah Mata dalam Sekejap
Artikel Selanjutnya
5 Cara Olah Madu untuk Bibir Pink Alami