Sukses

Menyusui Selamatkan Ibu dari Penyakit Jantung

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi terbaru menjelaskan, menyusui dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke pada ibu yang memberikan ASI pada anaknya.

Penelitian yang dipubliksikan di Journal of American Heart Association, wanita yang menyusui bayinya memiliki risiko sekitar 10 persen lebih rendah dari mengalami penyakit jantung dan stroke di kemudian hari.

"Manfaat kesehatan bagi ibu dari menyusui adalah mereka dapat 'mengatur ulang metabolisme' lebih cepat usai melahirkan," jelas Sanne Peters, seorang peneliti di University of Oxford seperti yang dikutip Boldsky, Kamis (27/7/2017).

Pada wanita hamil, metabolisme tubuh akan membuat tubuh lebih banyak menyimpan lemak demi mendukung perkembangan dan keamanan janin di dalam kandungan.

Fakta ini di dapat dari sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 289.500 wanita di China, dengan kisaran umur rata-rata 51 tahun. Sebagian besar dari para partisipan ini sudah menjadi ibu dan tidak pernah terkena penyakit jantung.

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui wanita yang memiliki bayi dan menyusui anaknya, cenderung memiliki risiko lebih rendah 10 persen dari penyakit stroke dan jantung, dibandingkan dengan wanita yang tak menyusui anaknya.

Tak hanya itu, menyusui anakselama  minimal satu tahun terbukti bisa melindungi kesehatan ibu dari kanker payudara dan diabates tipe 2. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.