Sukses

Pemakaian AC Timbulkan Berbagai Penyakit, Bahayakah?

Penyakit apa sajakah yang mengintai jika selalu berada di ruangan ber AC?

Liputan6.com, Jakarta Cuaca yang semakin panas membuat semakin banyak orang menggunakan air conditioner (AC) untuk menciptakan hawa sejuk di rumah dan kantor.

Namun sayangnya, banyak penyakit yang dapat ditimbulkan oleh pemakaian AC yang terus-menerus.

Berikut ini beberapa penyakit yang disebabkan oleh penggunaan AC secara terus menerus, mengutip laman Boldsky, Rabu (26/7/2017).

1. Risiko penyakit pernafasan

Salah satu dampak terburuk dari AC adalah perubahan temperatur secara tiba-tiba. Hal ini dapat mengubah sistem respiratori dan meningkatkan risiko penyakit pernafasan.

2. Efek pada kulit

Berlama-lama duduk di ruangan ber-AC membuat lebih banyak permasalahan kulit. Salah satunya adalah kulit kering dan membran mukosa mengerut.

3. Alergi

Jamur dan udara dapat menjadi penyebab reaksi alergi yang disebabkan oleh pemakaian AC.

4. Masalah mata

AC dapat menimbulkan permasalahan pada mata seperti konjungtivitis. Selain itu pemakaian lensa kontak bisa menyebabkan bleparitis pada mata, yaitu peradangan pada tepi kelopak mata.

5. Kelelahan

Pernah merasa lelah secara tiba-tiba? Kemungkinannya hal ini disebabkan oleh ruangan ber-AC. Kelelahan dan sakit kepala merupakan dua penyakit yang disebabkan bila seseorang berada di ruangan ber-AC 24 jam sehari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini